Share

China Tentang Kesepakatan Dagang AS-Taiwan, Ada Apa?

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 320 2604726 china-tentang-kesepakatan-dagang-as-taiean-ada-apa-7nhKkVe3zw.JPG China tantang kesepakatan dagang AS-Taiwan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - China dengan tegas menentang pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Taiwan setelah aipei dan Washington mengumumkan peluncuran inisiatif baru untuk memperdalam hubungan ekonomi.

Adapun Beijing mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan berusaha membuatnya tetap terisolasi di panggung dunia.

 BACA JUGA:Gempa Kuat M6,1 Landa Provinsi Sichuan, China

Pihaknya menentang segala upaya untuk memperlakukan demokrasi yang berpemerintahan sendiri itu sebagai negara merdeka.

“China selalu menentang segala bentuk pertukaran resmi antara negara mana pun dan wilayah Taiwan di China, termasuk negosiasi dan penandatanganan perjanjian ekonomi dan perdagangan apa pun dengan konotasi kedaulatan dan sifat resmi,” kata juru bicara kementerian perdagangan Gao Feng.

Lalu, Washington berusaha meningkatkan pengaruhnya di kawasan itu untuk melawan Beijing.

Serta Presiden AS Joe Biden pun diketahui mendapat tekanan bipartisan dari anggota Kongres AS untuk memperdalam hubungan dengan Taiwan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Dalam pmbicaraan yang diumumkan pada hari Rabu “Inisiatif AS-Taiwan tentang Perdagangan Abad ke-21” dilakukan setelah kesepakatan perdagangan yang diumumkan minggu lalu antara Amerika Serikat dan 12 ekonomi Asia, yang mengecualikan Taiwan.

 BACA JUGA:Semakin Memanas, China Kerahkan 30 Pesawat Tempur ke Zona Pertahanan Udara Taiwan

Di mana pada perjanjian perdagangan sebelumnya, diskusi dengan Taiwan tidak akan melibatkan tarif atau akses pasar yang memerlukan persetujuan Kongres, kata para pejabat AS.

Sebagai informasi, Perwakilan Dagang AS mengatakan bahwa kedua pihak akan bekerja untuk mengembangkan peta jalan yang ambisius.

Ini sebagai untuk mencapai kesepakatan dengan komitmen standar tinggi dan hasil yang berarti secara ekonomi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini