Share

Konstruksi Bendungan Terbesar di Sumatera Sudah 65%, Ditarget Rampung 2023

Suparjo Ramalan, iNews · Senin 06 Juni 2022 20:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 470 2606753 konstruksi-bendungan-terbesar-di-sumatera-sudah-65-ditarget-rampung-2023-TZplMuSaMe.jpeg Pembangunan bendungan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Konstruksi Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Keureuto di Aceh Utara sudah mencapai 65,63%. Bendungan Keureuto ini ditargetkan selesai tahun depan.

PT Brantas Abipraya (Persero) sebagai BUMN ditunjuk menjadi kontraktornya. Tercatat, Bendungan Keureuto berkapasitas tampung 215,94 juta per meter kubik. Dia memiliki tampungan khusus banjir sekitar 30,39 juta meter kubik.

Nantinya bendungan ini pun digadang-gadang mampu mengurangi debit banjir sampai dengan periode ulang 50 tahun di kawasan Aceh Utara.

"Fungsi utama bendungan ini adalah menampung air dari Sungai Krueng Keureuto," ungkap Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas, Senin (6/6/2022).

Pemerintah juga mengfungsikan Bendungan sebagai penyedia air irigasi yang mampu mengairi lahan seluas 9.420 hektar. Sehingga dipastikan kebutuhan air bagi masyarakat di sekitar Bendungan dapat terpenuhi. Bendungan ini akan menyediakan air baku dengan kapasitas 0,5 meter kubik per detik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Bendungan terbesar di Sumatera ini nantinya dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkapasitas 6,34 MW. Pemerintah berharap dengan adanya bendungan ini dapat turut menyokong produktivitas irigasi di Aceh Utara dan sekitar.

Di lain sisi, Brantas Abipraya tengah mengerjakan beberapa proyek bendungan dan irigasi yang termasuk dalam PSN. Proyek ini diantaranya Bendungan Sepaku Semoi yang merupakan bendungan penopang air baku dan ketahanan pangan di IKN, Kalimantan Timur.

Bendungan tertinggi di Indonesia yaitu Bendungan Bener yang terletak di Purworejo-Jawa Tengah, Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur yang bakal menjadi bendungan terpanjang se-Asia Tenggara, serta Bendungan Ciawi di Jawa Barat yang merupakan bendungan kering pertama di Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini