Share

Menparekraf: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI yang Ciptakan Lapangan Kerja

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 320 2614110 menparekraf-umkm-tulang-punggung-ekonomi-ri-yang-ciptakan-lapangan-kerja-qhGB1pavjk.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin potensi ekonomi kreatif pelaku UMKM di Tasikmalaya dimaksimalkan. Dirinya pun memberikan pelatihan pemberdayaan UMKM kepada peserta di Saung Rasa Desa, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Adapun pelatihan ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari pelaku UMKM serta Emak-emak.

Menurutnya, pelatihan pembuatan handycraft payung dan sandal khas Tasikmalaya, dapat melestarikan produk ekonomi kreatif kepada pelaku UMKM guna menciptakan produksi yang optimal. Sehingga pelatihan ini dapat mendorong dan memotivasi pelaku UMKM untuk naik kelas.

Sandiaga Uno mengapresiasi pelaku UMKM yang terus berinovasi di tengah pandemi. Menurutnya, pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia.

"Pelatihan ini digelar untuk melestarikan produk ekonomi kreatif bersama-sama para pelaku UMKM di kota dan kabupaten," kata Sandiaga di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (19/6/2022).

"Saya ingin mengapresiasi kepada para pelaku UMKM karena kalianlah tulang punggung ekonomi Indonesia. Di tengah pandemi, pelaku UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi Indonesia," sambungnya.

Sandiaga menyampaikan pelatihan ini akan dipilih 20 peserta terbaik yang akan dilatih dari mulai proses produksi hingga pemasarannya. Ia pun berharap kegiatan ini juga dapat menambah penghasilan bagi para peserta yang hadir.

"Saya ucapkan terima kasih dan mudah-mudahan ini bisa menyemangati dan memotivasi para pelaku UMKM, tentunya kita harapkan dengan UMKM penghasilan masyarakat akan semakin membaik," ujar Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Bupati Cecep Nurul Yakin mengucapkan terima kasih telah memberikan pelatihan kepada masyarakat Tasikmalaya. Sehingga, kegiatan ini menjadi wadah semangat bagi pelaku UMKM dalam membangkitkan ekonomi keluarganya.

"Hadirnya Bapak Menteri menjadi penyemangat serta mendukung masyarakat Tasikmalaya untuk dapat memiliki penghasilan lebih bagi keluarganya," tutur Cecep.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini