Share

Soroti Beli Pertalite Pakai MyPertamina, KPPU: Harus Ada Kemudahan Masyarakat

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 320 2620240 soroti-beli-pertalite-pakai-mypertamina-kppu-harus-ada-kemudahan-masyarakat-HH1kWbsGcJ.JPG Pertamina. (Foto: Okezone)

MEDAN - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia menyoroti rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar subsidi di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) Pertamina.

Di mana yang menjadi sorotan utama adalah mekanisme pembayaran yang saat ini hanya bisa menggunakan satu dompet digital (e-wallet) yakni LinkAja.

LinkAja merupakan aplikasi dompet digital yang dikembangkan perusahaan patungan dari sejumlah perusahaan BUMN.

 BACA JUGA:Beli BBM di SPBU Lewat MyPertamina dan Akses Ponsel, Amankah?

Kepala Kantor KPPU Perwakilan I-Medan Ridho Pamungkas mengatakan dalam konsep persaingan usaha, semestinya Pertamina memberikan kesempatan kepada semua aplikasi e-wallet untuk bekerjasama di aplikasi MyPertamina.

"KPPU akan mendalami apakah semua platform e-wallet telah diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan Pertamina atau belum. Serta bagaimana mekanisme penunjukan mitra kerja samanya, apakah melalui beauty contest atau penunjukan langsung dan sebagainya," kata Ridho, Rabu (29/6/2022).

Ridho menyebut masyarakat dan pemerintah harus mendorong agar semakin banyak mitra pembayaran yang bekerja sama dengan aplikasi MyPertamina.

Khususnya jika aplikasi itu ke depannya akan digunakan mayoritas penduduk untuk membeli BBM.

"Dengan semakin banyak mitra pembayaran yang dapat bekerja sama, tentunya akan memberikan lebih banyak pilihan dan kemudahan bagi masyarakat," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini