Share

Cek Iuran BPJS Kesehatan Hari Ini

Feby Novalius, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2625869 cek-iuran-bpjs-kesehatan-hari-ini-COlWSJVHRF.jpeg Iuran BPJS Kesehatan Bakal Dihapus. (Foto: Okezone.com)

 JAKARTA - Iuran BPJS Kesehatan masih tetap sama alias tidak berubah hari ini, Jumat (8/7/2022). Meski, BPJS Kesehatan dalam tahap uji coba penerapan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

Adapun iuran BPJS Kesehatan kelas 3 sebesar Rp42.000. Namun karena ada subsidi Rp7.000 per anggota, sehingga PBPU Kelas 3 harus membayar Rp35.000.

Sedangkan untuk kelas 2 dikenakan tarif Rp100.000. Dan untuk kelas 1 sebesar Rp150.000.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan 1,2 dan 3 Dihapus, Berikut Fasilitas Kesehatan yang Didapat di Kelas Standar

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti meminta konsep Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) dipersiapkan secara matang dengan mempertimbangkan kesiapan layanan di rumah sakit.

"Konsep KRIS perlu dikaji secara seksama, jadi lebih komprehensif. Jadi tidak bisa dalam waktu sesingkat-singkatnya harus diimplementasikan," kata Ghufron Mukti.

Baca Juga: Uji Coba Kelas Rawat Inap Standar, Rumah Sakit Siap?

Konsep KRIS saat ini memasuki uji coba di lima rumah sakit di antaranya RSUP Kariadi Semarang, RSUP Surakarta, RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar, RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon, dan RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang.

Menurut Ghufron, uji coba yang dimulai Juli 2022 ditargetkan rampung tahun ini. "Diupayakan tahun ini (selesai uji coba)," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ghufron mengatakan definisi dan kriteria terkait KRIS merupakan salah satu pertimbangan penting yang perlu dirumuskan.

"Seperti, katakanlah obat contohnya yang kosong, apakah menjadi kewajiban di sebuah kelas standar itu harus ada obat tersedia, kalau gak ada gimana?," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini