Share

Negara G20 Komitmen Atasi Utang Negara Miskin

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 320 2630810 negara-g20-komitmen-atasi-utang-negara-miskin-AEggV6BO9Y.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

BALI - Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG) menghasilkan sejumlah komitmen. Anggota G20 berkomitmen menyusun kerangka untuk mengatasi utang negara miskin.

"Kita juga membahas berkaitan dengan kerangka kerja bersama untuk iqsu utang di negara berpenghasilan rendah. Dan dalam kerangka kerja ini bagaimana kreditur dan pengutang ini bisa duduk bersama untuk membuat negosiasi masalah untuk dan melakukan restrukturisasi," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani di Nusa Dua, Bali, Sabtu (16/7/2022).

Sru Mulyani mengatakan, G20 mendorong penanganan utang bagi negara miskin secara efektif dan efisien. Tak hanya itu, dia juga mendorong agar negara miskin tersebut mendapat kepastian penyelesaian utang.

"Jangan sampai kondisinya lebih memburuk atau membuat rambatan ke negara lain. G20 memberikan urgensi semua pihak untuk menghasilkan mekanisme masalah utang ini yang sekarang dihadapi banyak negara," ucapnya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa G20 menghasilkan komitmen untuk mengatasi persoalan ekonomi imbas perang, termasuk mengenai inflasi dan kebijakan moneter di negara maju.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kita bisa fokus ke inflasi ini yang bisa menimbulkan efek rambatan untuk masalah utang, kita diskusi bersama bagaimana membuat mekanisme dan diskusi dalam situasi ekonomi global saat ini," tukas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini