Share

Baim Wong Patenkan Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil: Biarkan Tetap Slebew

Rizky Fauzan, MNC Portal · Selasa 26 Juli 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 320 2636324 baim-wong-patenkan-citayam-fashion-week-ridwan-kamil-biarkan-tetap-slebew-4hK4zaZJKw.jpg Ridwan Kamil di Citayam Fashion Week. (Foto: Okezone.com/Instagram)

 JAKARTA - Gubernur Jawa Bara Ridwan Kamil buka suara soal Citayam Fashion yang ingin dipatenkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Seorang publik figur, Baim Wong sekaligus pemilik PT Tiger Wong Entertainment menjadi sorotan publik setelah mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Ditjen HAKI Kemenkumham.

Terkait fenomena tersebut, Kang Emil memberikan saran serta nasihat kepada artis Muhammad Ibrahim atau Baim Wong agar pendaftaran “Citayam Fashion Week" tidak perlu dilakukan.

Baca Juga: Citayam Fashion Week Bakal Diklaim Dua Perusahaan

Ridwan Kamil mengatakan bahwa “Citayam Fashion Week" adalah tempat berekspresi, dan tidak butuh turut campur berbagai pihak terlalu jauh.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi, dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun,” kata Ridwan Kamil dalam postingan di Instagram dikutip Selasa (26/7/2022).

Mantan walikota Bandung itu mengatakan tidak semua urusan yang ada selalu dikaitkan dari sisi komersial. Menurut dia Fenomena “Citayam Fashion Week” itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula.

Baca Juga: Dua Mobil Polisi Blokade Catwalk Citayam Fashion Week Malam Ini

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture" katanya.

“Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan Anda,” tambahnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia menilai, jika “Citayam Fashion Week” dijadikan formal oleh pihak luar, maka esensi tersebut akan hilang, dan gerakan yang sudah dilakukan ini akan mati muda.

“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional,” ujar dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini