Share

Viral Bansos Terkubur di Depok, Mensos Risma: Itu Bukan Zaman Saya

Antara, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 320 2640555 viral-bansos-terkubur-di-depok-mensos-risma-itu-bukan-zaman-saya-ybIWW3tcim.jpg Mensos Risma Soal Temuan Beras Bansos Dikubur di Depok. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini buka suara soal bantuan sosial (bansos) yang terkubur dan ditemukan di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Dia menegaskan bahwa kejadian tersebut tidak dilakukan dari masa dirinya menjabat.

"Jadi yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan 'Bu Risma, jangan bantuan berupa barang," kata dia dikutip dari Antara, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: JNE Kubur Beras Bansos Presiden Jokowi karena Dinilai Sudah Rusak

Dia mengatakan, pesan dari Presiden tersebut menjadi alasan saat mulai menjabat, di mana dia menyalurkan bansos dalam bentuk uang.

"Tapi itu salah satu, dan itu memang aturannya boleh di perpres tentang bantuan itu boleh dalam bentuk uang dan barang," kata dia.

Sebelumnya, warga dikejutkan dengan penemuan barang diduga bansos presiden di Kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, pada Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Beras Bansos Dikubur, JNE: Sudah Melalui SOP Barang yang Rusak

Penemuan barang diduga bansos presiden untuk warga terdampak COVID-19 yang tertimbun di dalam tanah itu terungkap setelah ahli waris pemilik lahan, Rudi Samin, melakukan penggalian menggunakan alat berat dan tengah ditangani Polrestro Depok.

Rudi menegaskan akan menempuh jalur hukum terkait temuan "kuburan" bansos dan penggunaan lahan tanpa izin tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelumnya, VP of Marketing JNE Express, Eri Palgunadi mengatakan, JNE dalam menjalankan bisnis selalu mengedepankan nilai-nilai berbagi, memberi, menyantuni dan saling menghargai serta menghormati seluruh pihak baik internal maupun eksternal perusahaan.

Eri pun mengakui jika pihaknya telah menimbun beras bansos dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Depok karena telah rusak.

“Terkait dengan pemberitaan temuan beras bantuan sosial di Depok, tidak ada pelanggaran yang dilakukan, karena sudah melalui proses standar operasional penanganan barang yang rusak sesuai dengan perjanjian kerjasama yang telah disepakati dari kedua belah pihak,” ungkap Eri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini