Share

Setelah 77 Tahun, Desa Hutatua Tapanuli Utara Akhirnya Terang Benderang

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 320 2649773 setelah-77-tahun-desa-hutatua-tapanuli-utara-akhirnya-terang-benderang-PG4Qln5CQF.jpg Akhir Setelah 77 Tahun Desa Hutatua Dapat Listrik. (Foto: Okezone.com/MPI)

TAPANULI UTARA - Akhirnya masyarakat di Desa Hutatua, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara dapat merasakan listrik setelah 77 tahun Indonesia Merdeka.

Peresmian secara simbolis penyambungan listrik itu telah dilaksanakan pada Minggu, 14 Agustus 2022 lalu. Hadir saat peresmian itu Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga, Bupati Tapanuli Utara, Dandim 0210/TU, serta anggota DPRD Tapanuli Utara.

Baca Juga: Harga BBM dan Tarif Listrik Naik, Bansos Rp18 Triliun Cair

Penyambungan untuk listrik di desa-desa memang sengaja dilakukan PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara , sebagai wujud komitmen mereka untuk terus dapat mengupayakan listrik secara maksimal bagi seluruh masyarakat.

"Mewakili seluruh masyarakat Desa Huta Tua mengucapkan terima kasih kepada PLN, dihari ulang tahun Republik Indonesia ke 77, desa kami telah berlistrik, harapan kami dengan adanya listrik ini anak-anak bisa belajar dengan maksimal," papar Kepada Desa Hutatua, Kamis (18/7/2022).

Baca Juga: Cek Tarif Listrik 11 Agustus 2022, per kWh Jadi Segini

Untuk melistriki 70 pelanggan di desa ini, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 8,8 Kilo Meter Sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,5 kms dan 2 unit Gardu Distribusi berkapasitas 50 Kilo Volt ampere (kVA) dengan total investasi sebesar Rp. 4.144.366.339,-

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah bekerjasama dalam menerangi dan melistriki desa-desa yang ada di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara. Jaya terus PLN," tambah Nikson Nababan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Pengoperasian listrik di desa Hutatua ini juga berkontribusi dalam meningkatkan nilai rasio desa berlistrik Sumatera Utara dari 98.82% menjadi 98.85%.

PLH General Manager UIW Sumatera Utara Eko Prihandana mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang ikut proaktif dan bekerjasama dalam proses pembangunan jaringan di Desa Hutatua yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara.

"Harapannya dengan hadirnya listrik PLN di desa ini maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari," harapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini