Share

Bansos PKH hingga Kartu Prakerja Sudah Cair, BLT Subsidi Gaji Kapan?

Feby Novalius, Okezone · Rabu 24 Agustus 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 320 2652953 bansos-pkh-hingga-kartu-prakerja-sudah-cair-blt-subsidi-gaji-kapan-X5WSP6G6lm.jpg Bansos PKH dan Kartu Prakerja Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menyampaikan realisasi penggunaan anggaran untuk program penanganan Covid-19. Dari data tersebut, tidak ada pencairan BLT subsidi gaji.

Tercatat dari program perlindungan masyarakat sudah digunakan Rp82,3 triliun, Program Keluarga Harapan sudah cair Rp53,2 triliun atau setara 10 juta Keluarga Penerima Manfaat.

Program Kartu Sembako yang menyasar pada 18,8 juta KPM, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng sebesar Rp7,2 triliun atau setara 23,9 kita penerima manfaat, serta BLT desa sebesar Rp17,1 triliun atau setara 7,5 juta KPM.

Baca Juga: Realisasi BLT Minyak Goreng Cair Rp7,2 Triliun dan Bantuan PKL Rp1,3 Triliun

Untuk program penanganan pedagang kaki lima dan warung nelayan sekitar Rp1,3 triliun dan Kartu Prakerja Rp8,9 triliun untuk 2,5 juta peserta.

BLT subsidi gaji pun hingga kini tak jelas apakah dicairkan atau tidak. Di mana realisasinya masih menunggu keputusan Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Keuangan.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan, saat ini penyaluran BLT subsidi gaji masih dimatangkan, baik dari segi data penerima hingga proses penyalurannya.

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM di Eform BNI dan BRI, Rp600 Ribu Langsung Cair ke Rekening Penerima

"Kalau sudah siap semua, kita segera salurkan. Kalau sudah selesai regulasi dan data calon penerima maka langsung disalurkan," katanya kepada Okezone.

Untuk syarat penerima BLT subsidi gaji adalah pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Berdasarkan catatan Okezone, Selasa (23/8/2022), berikut cara pekerja mengecek terlebih dahulu status penerima BLT subsidi gaji:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id

2. Daftar Akun

Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Masuk

Baca Selengkapnya: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Hanya Cair ke Rekening Pekerja Ini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini