Share

Intip Kiat Rawat Arwana Super Red Biar Cuan, Simak di Sini

Rizky Fauzan, MNC Portal · Minggu 28 Agustus 2022 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 28 455 2655933 intip-kiat-rawat-arwana-super-red-biar-cuan-simak-di-sini-7kUhf31wgy.jpg Ikan Arwana. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ikan Arwana masih menjadi raja dari semua ikan yang masih dianggap mahal dan menguntungkan untuk bisnis.

Ikan yang sering dijuluki sebagai raja ikan hias ini, memang punya keistimewaan sendiri.

Selain karena warna tubuhnya yang indah, ikan Arwana termasuk langka untuk dicari.

Arwana Enthusiast Michael Setio sangat menyukai ikan Arwana, beranjak dari hobby lalu ditekuni hingga mengambil pendidikan pascasarjana bisnis administrasi untuk mendalami bisnis tersebut.

 BACA JUGA:6 Fakta Ikan Arwana, Pernah Jadi Ikan Asin Dijual Rp1.000/Kg

"Makanya saya jatuh cinta sama Arwana karena ini seni dan memang ada beauty of the proses yang anak muda jaman sekarang selalu maunya instan saja. Saya tuh mau ngebawa proses itu penting," kata Setio dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Sabtu (27/8/2022).

Indonesia memiliki cukup beragam jenis ikan Arwana. Ada Arwana papua (Scleropages jardini), Arwana australia (Scleropages leidcharti)

Lalu, ikan Arwana super red, Arwana red banjar, Arwana red tail golden, green Arwana (Scleropages formosus).

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Jadi tadi setelah kita belajar berapa jenis Arwana kemudian kita jatuh cinta sama super red, ternyata super red ini national treasure kita. Jadi bener-bener kekayaannya Indonesia," jelasnya.

Setio menungkapkan kiat-kiat rawat ikan Arwana jenis Super Red.

Menurutnya, dengan menjaga kualitas air. Menjaga air tetap bersih, air tidak boleh kurang, suhunya juga terjaga, juga penting untuk tumbuh kembang ikan tersebut.

Mendukung hal itu dibutuhkan filter dan gelembung udara akuarium yang juga berkualitas.

"Airnya ini emang ikan Arwana ini ga bisa pakai langsung air dari air pam, kalo dari tanah dan sebagainya memang ada unsur-unsur yang harus dihilangkan , itu kuta harus endapkan dulu sehari biasanya jadi kita tampung ke satu tampungan baru besok pagi kita bisa kuras. Biasanya cuma itu aja si dan beberapa obat yang bisa dibeli di apotik juga," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini