Share

Mengintip Biaya Pembuatan Stadion Santiago Bernabeu, Bikin Syok

Rina Anggraeni, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 470 2657947 mengintip-biaya-pembuatan-stadion-santiago-bernabeu-bikin-syok-BCqcr2qoy6.jpg Ilustrasi Stadion Santiago Bernabeu (Foto: Twitter)

JAKARTA- Mengintip biaya pembuatan stadion Santiago Bernabeu menarik untuk diulas. Tentu saja, nama stadion yang satu ini sudah tak asing di telinga para pencinta sepakbola. Sebab, stadion menjadi markas dari klub sepakbola tersohor asal Spanyol, yakni Real Madrid.

Lantaran menjadi markas dari Madrid yang punya banyak fans, Stadion Santiago Bernabeu pun dibangun dengan kapasitas besar demi memenuhi antusiasme besar untuk menonton langsung pertandingan klub idolanya. Kapasitas stadion ini mencapai 81.044 orang.

Mengintip biaya pembuatan stadion Santiago Bernabeu menelan biaya lebih dari 600 juta euro (Rp10 triliun).Stadion nantinya akan dilengkapi dengan sebuah layar video 360 derajat serta penambahan tempat duduk. Namun, kapasitas Santiago Bernabeu akan tetap sekira 80 ribu kursi alias tidak akan bertambah secara signifikan.

Proyek modernisasi Santiago Bernabeu itu sudah dicanangkan sejak 2009. Namun, rencana tersebut baru akan benar-benar direalisasikan pada akhir musim 2018-2019 dengan target penyelesaian pada 2023.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Kompleks Stadion Santiago Bernabeu kabarnya akan diperluas hingga menjadi 66 ribu meter persegi demi mengakomodasi keinginan tersebut. Selain menampilkan stadion olahraga, kompleks tersebut juga akan diisi fasilitas hiburan kelas atas.

Nantinya, stadion tersebut dapat dialihfungsikan sebagai venue untuk konser megah hingga ajang olahraga lainnya. Apalagi, atap Santiago Bernabeu dapat sepenuhnya tertutup guna memberi kenyamanan ketika dijadikan venue konser musik.

Kapasitas penonton pun mendapat tambahan hingga empat ribu kursi. Dimana, sebelumnya stadion tersebut hanya berkapasitas 81 ribu penonton saja.

Pusat perbelanjaan juga akan hadir di dalamnya. Museum Real Madrid, restoran berbintang, serta ruang hijau akan memanjakan pengunjung yang datang.

Bernabeu yang baru juga dilengkapi teknologi canggih. Pengunjung dapat menyaksikan seluruh permukaan luar stadion, serta papan skor 360 derajat di dalam stadion.

Bernabeu akan menjadi contoh klub lain guna memperbarui stadionnya. Hal tersebut guna memperbanyak stadion modern di masa yang akan datang.

 (RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini