Share

21 Juta UMKM Terdaftar di E-Commerce, Sandiaga: Target Presiden 30 Juta

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 16 September 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 455 2668810 21-juta-umkm-terdaftar-di-e-commerce-sandiaga-target-presiden-30-juta-M6acEnBS5o.jpg Menparekraf Sandiaga Uno sebut 21 juta UMKM terdaftar di e-commerce (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA – Sebanyak 21 juta UMKM di Tanah Air yang terdaftar di e-commerce atau perdagangan elektronik. Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan target Presiden 30 juta UMKM bisa terdaftar di e-commerce.

"Target dari Pak Presiden ada 30 juta UMKM yang terdaftar di e-commerce maka akan bisa menggerakkan ekonomi Indonesia 1,7% dan membuka dua juta lapangan kerja baru," kata Menparekraf Sandiaga Uno dilansir dari Antara, Jumat (16/9/2022).

Dia menyampaikan hal itu pada penutupan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema UKM Bangkit UKM Tumbuh digelar oleh OJK dihadiri Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi.

Menurut dia, sebelum ada Gernas BBI baru delapan juta UMKM yang terdata di e-commerce. Kemudian terjadi penambahan 1,3 juta UMKM tambahan terdaftar di e-commerce pada tahun ini.

Dia menargetkan pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Tanah Air sebanyak 62% telah terdaftar di e-commerce. Pada sisi lain ia menyebutkan potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Jadi jangan hanya sebatas bangga dengan buatan Indonesia tapi mari membeli produk buatan Indonesia," ajak Menparekraf Sandiaga Uno.

Gernas BBI merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk buatan dalam negeri serta membangkitkan UMKM.

Acara yang dipimpin langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi tersebut telah diluncurkan sejak 2020 dan rutin digelar setiap bulan di berbagai provinsi yang berbeda sejak 2021.

Kegiatan dalam Gernas BBI Sumatera Barat 2022 dipusatkan di tiga kota yaitu Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang, diawali dengan dari grand opening yang dilaksanakan pada 12 April 2022 di Jam Gadang Bukittinggi oleh Wakil Presiden Maruf Amin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini