Share

Antisipasi Kecelakaan, KNKT Review Standar Pelayanan Jalan Tol

Heri Purnomo, iNews · Rabu 21 September 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 320 2671974 antisipasi-kecelakaan-knkt-review-standar-pelayanan-jalan-tol-yFuf9v5bS4.JPG Ilustrasi jalan tol. (Foto: Jasa Marga)

JAKARTA - Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) melakukan review terhadap standar operasional pelayanan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT).

"Standar aturan BPJT nya itu yang akan kita review, apakah standar yang sudah ada itu sudah mencukupi.Kalo belum mencukupi, ya kita tingkatkan SOPnya," kata Ketua KNKT Soerjanto dalam diskusi Review Keselamatan Pelayaran pada Kapal Tradisional di Indonesia di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Soerjanto mengungkapkan review tersebut akan dilakukan pada penggunaan CCTV Tol Pejagan-Pemalang serta operator yang bertugas memantau.

 BACA JUGA:KNKT Sebut Truk Kecelakaan Maut di Bekasi Layak Jalan

"Kta juga sedang melakukan review bagaimana fungsi efektivitasnya CCTV, dan kami juga sedang mereiew operator CCTV, karena seperti operator ATC di bandara itu kan ngeliat tv. Tapi dia aktif. Tapi kalo operator CCTV ini kan pasif ya, jadi orang akan lebih gampang bosen," katanya.

"Karena orang kalo disuruh liat tv seperti itu juga bosen ya, kita juga nggak bisa nyuruh orang menteleng satu setengah jam, 8 jam dan itu susah," tambahnya.

Selain itu, dia menngatakan juga akan melakukan review terhadap efektivitas patroli jalan tol.

"Nanti akan kita review juga bagaimana efektivitas dari patroli jalan tol ataupun pjr yang ada di tol," ungkapnya.

Sebelumya, Kecelakaan beruntun yang melibatkan 13 kendaraan terjadi di KM 253 Tol Pejagan-Pemalang, Brebes, Jawa Tengah, pada Minggu (18/9/2022).

Insiden itu menyebabkan satu orang korban tewas dan 19 lainnya mengalami luka-luka.

Adapun mengenai kecelakaan tersebut, Soerjanto mengatakan bahwa asap pembakaran lahan menjadi faktor kontribusi terhadap kecelakaan beruntun itu.

"Memang asap sebagai kontribusi faktornya," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini