Share

Erick Thohir Beri Restu Anak Usaha PLN IPO

Suparjo Ramalan, iNews · Rabu 21 September 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 320 2672261 erick-thohir-beri-restu-anak-usaha-pln-ipo-Csv1QO6k1U.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Kementerian BUMN memastikan ada potensi PLN ICON Plus melantai di pasar modal atau Initial Public Offering (IPO).

Potensi tersebut lantaran PT PLN (Persero) sebagai pemegang saham ICON telah melaksanakan restrukturisasi.

Menteri BUMN Erick Thohir mencatat transformasi yang dilakukan PLN berupa pendirian holding dan subholding baru.

Tercatat ada empat subholding baru milik PLN yang baru saja diresmikan Erick Thohir, salah satunya adalah PLN ICON Plus.

 BACA JUGA:Restrukturisasi PLN Jadi Induk Empat Subholding, Erick Thohir Ingatkan Transisi Energi

"Dimungkinkan (untuk IPO) terutama yang ICON Plus dan beyond kWh," ungkap Erick saat Konferensi Pers di Kantor Pusat PLN, Rabu (21/9/2022).

Adapun tiga Subholding baru lainnya adalah Energi Primer Indonesia, PLN Nusantara Power (Generation Co 1), dan PLN Indonesia Power (Generation Co 2).

Erick menilai kehadiran Subholding PLN ICON Plus bertujuan mengkonsolidasikan bisnis PLN di luar kelistrikan, yakni berupa bisnis bisnis jaringan kabel.

Menurutnya, bisnis tersebut perlu digenjot PLN melalui subholding lantaran sejalan dengan agenda digitalisasi yang digodok pemerintah.

Adapun nilai digitalisasi di Tanah Air diproyeksikan mencapai Rp4.800 triliun pada 2030.

Mantan Presiden Inter Milan itu juga mencatat bisnis jaringan kabel yang sudah dilakukan PLN berpotensi memperoleh manfaat dari pertumbuhan ekonomi digital ke depannya.

Senada, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebut subholding ICON Plus bakal mengkonsolidasikan bisnis beyond kWh milik PLN.

Misalnya, Layanan internet, PLN Marketplace, EV Charging, Baterai Swap dengan Super APP

"Layanan internet, PLN marketplace, EV Charging, Baterai Swap dengan Super APP kami New PLN Mobile sebagai ujung tombak," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini