Share

Sri Mulyani Soroti Tantangan Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia

Michelle Natalia, Sindonews · Rabu 28 September 2022 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 320 2676844 sri-mulyani-soroti-tantangan-pengembangan-ekonomi-digital-indonesia-gtvcWb0Oqp.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa berdasarkan riset dari Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan nilai investasi ekonomi digital Indonesia selama kuartal I 2022 adalah sebesar USD4,7 miliar.

Angka ini sudah melampaui nilai tertinggi dalam empat tahun terakhir.

"Data ini menunjukkan bahwa ekonomi digital memiliki potensi tinggi untuk sumber pertumbuhan masa depan. Hanya saja, masih ada beberapa tantangan mengembangkan ekonomi digital di Indonesia," ujar Sri dalam B20 Talks: "Fostering Agility to Combat Money Laundering and Economic Crime" secara virtual di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Dia menyebutkan, salah satunya adalah disparitas akses internet, terutama berdasarkan wilayah dan juga level pendapatan. Konektivitas antar wilayah, terutama antara pulau Jawa dan pulau lainnya masih belum merata.

"Keamanan siber juga sangat penting, karena ancaman siber terhadap ekonomi digital sangatlah nyata. Proteksi data konsumen menjadi sangat penting," ungkap Sri.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Tak hanya itu, tax return yang tak merata antara bisnis lokal dan asing juga menjadi salah satu tantangan. Tantangan lainnya adalah skema pembiayaan yang masih terbatas untuk startup dan juga level SDM rendah yang juga berpengaruh terhadap kewirausahaan.

"Dengan adanya kesempatan dan juga tantangan yang ada, kita perlu bersiap untuk menghadapi isu-isu hari esok, karena kemajuan teknologi mengubah cara kerja dunia ini. Kita juga harus menjadi lebih siap dan responsif untuk menghadapi risiko, tantangan, dan dinamika dari pengembangan ekonomi digital di masa depan," paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini