Share

Kawasan Industri Pulogadung Bakal Dipindah ke Subang, Alasannya Polusi di Tengah Kota

Suparjo Ramalan, iNews · Rabu 19 Oktober 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 470 2690358 kawasan-industri-pulogadung-bakal-dipindah-ke-subang-alasannya-polusi-di-tengah-kota-B9nJkMKiq3.jpg Kawasan Industri Pulau Gadung Bakal Dipindah ke Subang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kawasan Industri Pulo Gadung yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung (JIEP) bakal dipindahkan ke wilayah Subang, Jawa Barat (Jabar). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai keberadaan Kawasan Industri di Pulo Gadung sudah tidak tepat.

"Jadi, kawasan industri itu tidak cocok lagi di tengah kota, menambah polusi dan harus pindah, itu pun berubah menjadi green factory di Subang," ujar Erick di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga: Kawasan Industri Terpadu Batang Siap Tampung Relokasi Investasi Asing

Dia mengaku, telah melakukan pembahasan dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, terkait penataan kawasan industri Pulo Gadung. Hal ini tak lepas dari posisi JIEP yang 50% sahamnya dimiliki BUMN melalui PT Danareksa (Persero) dan sisanya milik Pemprov DKI Jakarta.

Erick menyampaikan, pengembangan Kawasan Industri Subang juga merupakan bagian dalam pembangunan ekosistem di Jabar. Menurutnya Jabar memiliki potensi besar dalam menjadi pusat pertumbuhan baru dengan adanya Bandara Kertajati yang fokus pada pelayanan kargo, Pelabuhan Patimban, akses jalan tol, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: Kawasan Industri di Indonesia Siap Dukung Hilirisasi SDA

"Ekosistem pembangunan Jabar perlu dimaksimalkan karena ada Kertajati yang sahamnya mayoritas Pemda, bukan BUMN, itu inisiasi Pemda, cuma kadang-kadang kalau ada yang mangkrak itu dibilang BUMN, tapi kembali, tidak boleh saling menyalahkan, harus bangun ekosistem. Makanya saya mendorong yang namanya kawasan industri baru di Subang. Pak Heru punya cita-cita di Jakarta Timur," kata dia.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Erick menyampaikan penguatan ekosistem yang terintegrasi ini juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil. Erick menyebut Kang Emil telah berkomitmen untuk menyinergikan transportasi publik dengan kawasan industri di Jabar.

"LRT, kereta cepat, KRL, akan jadi satu-kesatuan. Kemarin Gubernur Jabar juga sudah membuat pernyataan, bukan tidak mungkin titik akhir kereta cepat menjadi bagian dari perbaikan fasilitas untuk pusat pemerintah Jabar. Inilah sinergi yang kita dorong sama-sama,"

Sementara itu, Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mendesain ulang kawasan industri Pulogadung. Meski begitu, Heru belum dapat mengungkapan rencana fungsi kawasan industri Pulogadung ke depan.

"Nanti kita desain ulang dan itu jadi kawasan baru, (sementara) miliknya BUMN pindah ke luar kota. Kami desain tata ulang sesuai keinginan terkini dan sudah adaptasi dengan desain anak-anak muda, itu potensi strategis yang perlu dijalankan," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini