Share

KTT G20 Jadi Momentum BUMN Go Global

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 08 November 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 320 2703135 ktt-g20-jadi-momentum-bumn-go-global-FWyO51MLvw.jfif BUMN Siapkan KTT G20 Bali. (Foto: Okezone.com/ITDC)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan strategi untuk mensukseskan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Tenaga Ahli Menteri BUMN bidang Global Value Chain sekaligus Ketua Tim PMO G20, Reynaldi Istanto mencatat BUMN memiliki tiga peran utama dalam KTT G20 yakni logistik dan infrastruktur, komunikasi dan media, serta asistensi dan kemitraan.

Baca Juga: Iwan Fals: G20 Menjadi Rumah yang Penuh Cinta

Hal itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia.

"G20 merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia dan momentum kesempatan BUMN untuk Go Global," ujar Rey saat Ngobrol Pagi BUMN bertajuk "Peran Strategis BUMN di Perhelatan G20 di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Untuk sektor logistik dan infrastruktur, perusahaan pelat merah berperan mengangkat urgensi dari topik prioritas G20 yakni transisi energi berkelanjutan dengan mendukung terciptanya electric vehicle ecosystem atau ekosistem kendaraan listrik dalam KTT G20.

Baca Juga: Menko Luhut Sebut Sudah 16 Kepala Negara Konfirmasi Hadiri KTT G20, Ada Vladimir Putin?

Rey menjelaskan BUMN melalui PT INKA (Persero), PT PLN (Persero), dan PT Wijaya Karya (Persero), dan PT Pertamina (Persero) menyiapkan 24 unit bus listrik, 66 unit motor listrik, dan penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama event berlangsung.

BUMN juga mempersiapkan infrastruktur pendukung pelaksanaan G20 berupa keandalan pasokan listrik, konektivitas jaringan internet; airport, port, and venue hospitality, hingga pembenahan jalan tol.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Rey mengatakan BUMN juga berhasil menggelar ajang SOE International Conference pada 17-18 Oktober lalu. Menurutnya, ajang konferensi BUMN dunia tersebut menghasilkan 50 lebih kerja sama nasional dan internasional dalam sejumlah sektor seperti energi, transportasi, logistik, jasa keuangan, pertambangan, pangan, kesehatan.

Untuk isu ekonomi, BUMN menyelenggarakan pertemuan para tokoh agama atau R20 dan Music20 atau M20. Rey menilai ajang tersebut menjadi komitmen BUMN dalam menyatukan dan meningkatkan interaksi antarwarga dunia dalam perhelatan rangkaian ajang G20.

"Bapak Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perhelatan G20 bukan hanya event yang bersifat elitis, namun juga dapat membumi dan dirasakan masyarakat lewat M20 dan R20," kata Rey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini