Share

Ini Dia 'Harta Karun' EBT di Indonesia, Potensi 437 Gigawatt

MNC Portal, Jurnalis · Jum'at 11 November 2022 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 320 2705392 ini-dia-harta-karun-ebt-di-indonesia-potensi-437-gigawatt-zsCRVYGpsk.jpg Intip Potensi Energi Terbarukan Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Indonesia memiliki potensi sumber energi baru terbarukan (EBT) yang melimpah dengan total kapasitas 437,4 gigawatt (GW). Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka helatan acara jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Kami memiliki potensi energi baru dan terbarukan mencapai 437 gigawatt,” kata luhut di Bali, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: RUU Energi Terbarukan, Skema Power Wheeling Perlu Dikaji Ulang

Luhut juga mengungkap Indonesia memiliki sumber cadangan energi lain yaitu nikel.

“Kami memiliki cadangan nikel terbesar dengan 72 juta ton dan cadangan terbesar kedua terbesar dan terpisah adalah tembaga,” kata dia.

Baca Juga: Kurangi Emisi Karbon, Taiwan Kembangkan Energi Terbarukan Kapasitas 12,3 GW

Dari berbagai potensi energi tersebut Luhut ingin menjadi negara yang bisa mengolah sumber energinya secara mandiri. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Luhut mengatakan, dari banyaknya potensi dan cadangan yang dimiliki Indonesia, pemerintah Indonesia memiliki target ambisius yaitu menjadikan Indonesia masuk dalam negara dengan pendapatan masyarakat yang tinggi.

“Impian kita, 2030 Pendapatan per kapita kita seharusnya sekitar USD10 ribu dan hari ini, USD4 ribu tentu saja, kami mencoba menumbuhkan ekonomi kami dan mengurangi dampak perubahan iklim terhadap transisi energi dekarbonisasi,” jelas dia.

Selfie Miftahul Jannah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini