Share

Harapan Pemulihan Ekonomi dengan Mengasah Skill Anak Muda Bersama Astra

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 278 2709013 harapan-pemulihan-ekonomi-dengan-mengasah-skill-anak-muda-bersama-astra-2wA93TTkOr.png Harapan Pemulihan Ekonomi dengan Mengasah Skill Anak Muda Bersama Astra (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) membawa kabar baik bagi pecinta foto.

Sebab, Astra tengah menyelenggarakan lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022 dengan mengangkat tema 'Bangkit Bersama untuk Indonesia'.

Pihak penyelenggara pun telah menyiapkan hadiah fantastis yang bisa didapat bagi para pemenang.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, melalui lomba ini pihaknya ingin memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang tidak kenal lelah berjuang untuk bangkit bersama dalam kondisi yang menantang agar dapat pulih lebih cepat.

"Lomba ini membuka kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi membagikan hasil karya foto atau tulis yang menggambarkan semangat, harapan, optimisme, dan persatuan masyarakat dalam mendukung kebangkitan Indonesia dari berbagai aspek," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (16/11/2022).

BACA JUGA:Demi Masyarakat Indonesia Sehat, Astra Kucurkan Rp207 Miliar Tangani Covid-19 

Bagi kandidat yang ingin mengikuti lomba ini, Sutradara Dimas Djay membagikan tips agar foto yang dilombakan menorehkan hasil yang baik.

Kata dia, setiap hasil jepretan harus mengandung story telling agar publik yang melihat bisa menangkap pesan yang disampaikan.

"Perlombaan seperti ini memang sepatutnya ada impact bagi yang melihat. Jadi harus ada kontennya atau isinya di dalam satu frame tersebut," ujarnya dalam dialog virtual Astra yang diselenggarakan oleh Okezone.

Dimas mencontohkan, para peserta bisa mengambil foto yang menceritakan suatu peristiwa yang ada di sekitar. Misalnya, pemulung sedang mengambil sampah di bantaran sungai dan ada anaknya tengah belajar di kolong jembatan.

"Jadi mestinya, dalam satu frame foto itu, ter-capture (tertangkap) soal ceritanya mengenai apa. Misalnya, foto orang mengambil sampah di Bantar Gebang. Tapi anaknya lagi belajar di bawah kolong jembatan. Kalau kaya gitu kan ada pesannya. Kalau yang di foto orang ambil sampah, pesannya ya hanya orang yang sedang ambil sampah aja," paparnya.

 Astra

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Hasil jepretan seperti itu, lanjut Dimas, ada story telling dalam waktu singkat. Lewat satu frame yang sederhana, namun bagi orang yang melihatnya dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer.

"Kalau di perlombaan, story telling menjadi hal yang dicari. Kalau dari contoh itu, juri lebih suka lihat frame yang orang ambil sampah dan ada anak si pemulung itu yang sedang belajar di kolong jembatan," ucapnya.

Sebagai informasi, lomba ini bisa diikuti oleh wartawan dan masyarakat umum. Adapun hadiah menarik yang bisa diraih oleh para pemenang Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022, sebagai berikut:

- Juara 1: 4 Honda PCX e:HEV

- Juara 2: 4 Honda ADV 160

- Juara 3: 4 Honda Vario 160

- Juara Harapan: 12 DJI Mavic Mini 2

- Juara Favorit: 60 Samsung Galaxy Tab A7

- Hadiah Hiburan Bulanan: 24 Jabra Elite 2 True Wireless Earbuds

Sementara itu, syarat dan ketentuan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022 antara lain:

- Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)

- Karya yang diikutsertakan adalah milik sendiri

- Hasil karya harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan, ataupun pelecehan terhadap SARA.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini