Share

Serahkan Presidensi G20 ke PM India, Jokowi Harap Perang Rusia-Ukraina Segera Berakhir

Yulistyo Pratomo, MNC Portal · Rabu 16 November 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 16 320 2708661 serahkan-presidensi-g20-ke-pm-india-jokowi-harap-perang-rusia-ukraina-segera-berakhir-6Z9hp9E5RJ.jpg Presiden Jokowi Serahkan Presidensi G20 ke India. (Foto: Okezone.com/Antara)

BALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan seluruh rangkaian KTT G20 di Bali telah berakhir. Dirinya pun menyerahkan Presidensi G20 kepada India untuk memimpin negara-negara anggota pada tahun berikutnya.

"Saya secara resmi menyerahkan presidensi G20 kepada India untuk memimpin G20 selanjutnya," ucap Jokowi saat menutup Working Session III di The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Penyerahan ini diterima langsung oleh Perdana Menteri India, Narendra Damodardas Modi. Proses serah terima akan dilakukan pada acara penutupan pada pukul 17.00 Wita nanti.

Baca Juga: Harta Kekayaan Istri Presiden Korea Selatan Kim Keon Hee, Ibu Negara Tercantik yang Jadi Sorotan Publik

Saat pembukaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan pentingnya menyudahi peperangan. Sebab, tidak ada negara yang akan diuntungkan melalui perang tersebut dan hanya dapat menyengsarakan rakyat bagi negara-negara yang terlibat.

"Banyak hal yang dipertaruhkan, perang hanya menyengsarakan rakyat, pemulihan ekonomi dunia tidak akan terjadi jika situasi tidak membaik," kata Jokowi saat membuka Working Session III yang membahas mengenai transformasi digital di The Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Polri Minta Maaf Adanya Penutupan Jalan saat Kepulangan Kepala Negara dan Delegasi KTT G20

Pernyataan ini sekaligus memperkuat pidato yang disampaikannya pada pembukaan KTT G20 pada Selasa kemarin. Oleh karena itu, semua negara di dunia wajib memastikan agar situasi dapat kembali kondusif.

"Sebagai pemimpin, kita semua memiliki tanggung jawab untuk memastikan situasi kondusif bagi masa depan dunia," tambah Jokowi.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akhirnya meninggalkan Bali dan tidak mengikuti proses penutupan sekaligus serah terima Presidensi G20 dari Indonesia kepada India.

Pantauan tim peliputan G20 MNC Portal Indonesia, Rabu (16/11/2022), Biden langsung terbang dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One. Pesawat tersebut lepas landas tepat pada pukul 14.25 Wita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini