Share

Pembersihan Longsoran, Jalan Cianjur-Cipanas Dibuka Siang Ini Usai Gempa

Zuhirna Wulan Dilla, Okezone · Selasa 22 November 2022 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 320 2712246 pembersihan-longsoran-jalan-cianjur-cipanas-dibuka-siang-ini-usai-gempa-SeRABhodTk.JPG Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau lokasi longsor akibat gempa di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Basuki beserta rombongan tiba di lokasi pada Senin (21/11/2022) pukul 21.45 WIB.

Di mana gempa susulan masih terjadi pada pukul 21.30 WIB.

Basuki mengatakan kalau fokus penanganan dilakukan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas - Cianjur.

 BACA JUGA:Tinjau Longsor Akibat Gempa Cianjur, Menteri Basuki : Insha Allah Jalur Cianjur-Cipanas Dibuka Siang Ini

"Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa dini hari, total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks," katanya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia juga menyebut kalau bersihan longsoran pada pembersihan longsoran pada badan jalan bisa diselesaikan siang ini, sehingga ruas jalan Cianjur - Cipanas bisa terbuka kembali.

"Ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB. Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran," tambah Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

"Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung dll) dapat menjadi lebih lancar," tambahnya.

Diketahui, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan 6 Hidran Umum, 4 Mobil Tangki Air dan 6 Toilet Portable yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur.

Turut mendampingi tinjauan dini hari ini, Direktur Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Adenan Rasyid, Kepala BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Wilan Oktavian, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Hery Mulyanto dan Kepala BBWS Citarum Bastari.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini