Share

Dapat Sumbangan 141 Ribu Bibit Pohon untuk IKN, Menteri PUPR: Siap Bentuk Ruang Terbuka Hijau

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 470 2712263 dapat-sumbangan-141-ribu-bibit-pohon-untuk-ikn-menteri-pupr-siap-bentuk-ruang-terbuka-hijau-cKCc6AKOHc.JPG Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima bantuan sumbangan 141.400 bibit tanaman dari tanaman dari 65 jenis tanaman dan 17.000 rumput vetiver untuk penghijauan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri Basuki mengatakan, bantuan bibit tanaman dari Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) tersebut diharapkan bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan, dan memperhatikan estetika pada pembangunan IKN.

"Ini merupakan anugerah bagi Kementerian PUPR yang diberikan tugas membangun prasarana di IKN. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada PPAD dan pasti ini akan kami laporkan kepada Presiden tentang kerja sama antara Kementerian PUPR, Badan Otorita IKN dan PPAD dalam rangka keberlanjutan lingkungan pembangunan IKN," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Selasa (22/11/2022).

 BACA JUGA:PUPR Pastikan Tak Ada Jalan Terputus Imbas Gempa Cianjur

Menteri Basuki menjelaskan pemerintah telah merencanakan penanaman pohon di IKN untuk mengubah kawasan hutan tersebut yang sebelumnya merupakan tanaman industri yang monokultur/homogen.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Seperti yang disampaikan dalam urban design IKN, sebanyak 75% diperuntukkan untuk ruang terbuka hijau, penghijauan juga dilakukan di seluruh pembangunan infrastruktur termasuk sepanjang jalan yang dibangun," sambungnya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan cita-cita tersebut menurut menteri Basuki bisa dilihat dari adanya pembangunan awal berupa pusat persemaian Mentawir di Bukit Bangkiran yang nantinya akan memproduksi sekitar 15-20 juta bibit pohon.

"Selain itu kita bangun bendungan dan akan ada 19 embung yang dibangun di kawasan IKN. Embung-embung ini berfungsi menampung air hujan sehingga tidak terbuang langsung ke laut atau teluk Balikpapan," pungkas Menteri Basuki.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini