Share

Perintah Presiden Jokowi, Menteri PUPR: Uang APBN Dilarang untuk Impor

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713197 perintah-presiden-jokowi-menteri-pupr-uang-apbn-dilarang-untuk-impor-Gzp7r4pd7t.JPG Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini uang dari APBN dilarang untuk pengadaan barang konstruksi.

"Perintah Presiden dilarang Impor, kalau dulu mengutamakan produk dalam negeri, tetapi sekarang perintahnya dilarang impor apalagi menggunakan APBN," kata Menteri Basuki dalam sambutannya pada acara Infrastructure Connect 2022 yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Rabu (23/11/2022).

Menteri Basuki meminta produk konstruksi yang biasa impor membangun industri di dalam negeri.

Hal tersebut diaharapkan bisa menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dengan dibukanya pabrik baru.

 BACA JUGA:Saat Jokowi Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa Cianjur

"Jangan sampai kita membeli tetapi membuka peluang kerja di luar, bikin peluang kerja di Indonesia," sambungnya.

Menteri Basuki berharap melalui penyelenggaraan Infrastructure Connect 2022 bisa mempertemukan kesepakatan bisnis anatara pelaku usaha dan pemerintah atau BUMN Konstruksi dalam pengadaan barang dalam negeri.

"Di APBN itu sudah lebih dari Rp400 triliun yang harus dibelanjakan dengan TKDN yang tinggi, di PUPR sendiri rata-rata Rp120 triliun pertahun, 80-90% adalah dengan TKDN, itu saya jaga betul," lanjut Menteri Basuki.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sekedar informasi, infrastructure Connect 2022 terdiri dari tiga acara utama untuk industri konstruksi dan infrastruktur yaitu, Konstruksi Indonesia, Indonesia Infrastructure Week, dan Beton Indonesia.

Konstruksi Indonesia diharapkan bisa menciptakan pertumbuhan industri jasa konstruksi dari hulu ke hilir, meningkatkan mutu SDM dan kualitas keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Indonesia Infrastructure Week diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia dengan menyediakan platform profesional bagi para pemangku kepentingan infrastruktur untuk berjejaring.

Kemudian Beton Indonesia diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I).

Acara ini melengkapi pembangunan infrastruktur dan konstruksi, memperkuat profil dengan fokus pada produk beton, teknologi, inovasi dan solusi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini