Share

Tak Pakai Pawang Hujan, Menko Luhut Ungkap Sosok Pengendali Cuaca saat KTT G20 Bali

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 25 November 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 320 2714467 tak-pakai-pawang-hujan-menko-luhut-ungkap-sosok-pengendali-cuaca-saat-ktt-g20-bali-qBvbqXRtsY.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pawang hujan selama KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

"Sedikit cerita flashback tentang teknik modifikasi cuaca untuk outdoor event KTT G20 2022 bagaimana sains dan teknologi yang dipadukan dengan harapan serta doa berbagai pihak berhasil membuktikannya," ujarnya dikutip Instagram resminya, Jumat (25/11/2022).

Dia mengingat pada sore ketika mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi gala dinner Kepala Negara anggota dan tamu undangan KTT G20 di Pelataran Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, hujan mendadak turun begitu lebat.

Kemudian lanjut Luhut, sembari berteduh dan mendengarkan paparan dari koordinator acara khusus event Gala Dinner G20 Wishnutama Kusubandio, Luhut melihat wajah Presiden Jokowi yang termenung. Tampaknya apa yang beliau pikirkan saat itu sama yang di pikirkannya. Semua pihak ingin acara berlangsung meriah dan semarak.

Namun bagaimana jika hujan deras seperti ini malah turun di area GWK Cultural Park Bali tanggal 15 November malam ketika acara berlangsung.

Meski ada beberapa tantangan dan rintangan pada saat pelaksanaan di hari H, tetapi banyak doa yang tercurah dari seluruh elemen bangsa Indonesia untuk kesuksesan acara besar KTT G20 2022 di Bali.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

"Apresiasi luar biasa dan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah bekerja keraa melakukan tugas besar untuk mewujudkan hasil yang membawa harum nama bangsa," pungkasnya.

Seperti diketahui, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali menghasilkan Deklarasi Para Pemimpin G20 atau komunike. Deklarasi dituangkan ke 52 poin (paragraf) yang disetujui bersama melalui konsensus dengan seluruh negara-negara anggota.

Poin-poin tersebut di antaranya mengutuk keras perang di Ukraina. Kemudian kerjasama untuk menghadapi tantangan ekonomi dunia hingga pembangunan berkelanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini