Share

8 Fakta BLT BBM Tahap 2 Cair Rp300.000, Cek Syarat untuk Dikirim ke Rumah

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Sabtu 26 November 2022 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 320 2714602 8-fakta-blt-bbm-tahap-2-cair-rp300-000-cek-syarat-untuk-dikirim-ke-rumah-MVM98Xwx7d.jpeg BLT BBM Cair (Foto: Okezone)

JAKARTA – BLT BBM tahap 2 Rp300.000 bulan ini masih terus dicairkan oleh Pos Indonesia kepada 248.976 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran dapat dikirim sampai rumah dengan syarat tertentu.

Diingatkan kepada masyarakat penerima bantuan untuk membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) dalam penyaluran BLT BBM tahap 2.

Berikut fakta terkait BLT BBM Rp300.000 yang berhasil dirangkum Okezone, Sabtu (26/11/2022).

1. Sudah Terealisasi Kepada 4.459 KPM

Ketua Satgas Penyaluran BLT BBM, BPNT dan PKH PT Pos Indonesia KCU Palu, Gladian Woro Luberto, memaparkan berdasarkan data realisasi pembayaran per tanggal 22/11 bahwa, realisasi pembayaran BLT BBM-Bansos sembako tahap 2 dan PKH telah dibayarkan kepada 4.459 dari total sasaran sebanyak 234.097 keluarga penerima manfaat.

2. Dapat BLT BBM dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan BLT-BBM tahap kedua ini sama seperti sebelumnya masing-masing berupa BLT penyesuaian harga BBM subsidi senilai Rp300 ribu, dan Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) reguler senilai Rp200 ribu.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

3. Jumlah Penerima Berkurang

Penerima bantuan BLT BBM tahap kedua ini berkurang sebanyak 9.218 karena pada tahap pertama target yang dialokasi sebanyak 258.194 orang.

“Pada tahap kedua ini pasti tidak sama karena pada tahap pertama ada yang tidak berhasil dibayarkan,ada juga yang pindah, dan bahkan ada yang meninggal dunia," kata Executive General Manajer Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Palembang Fendi Anjasmara.

4. Meliputi Lima Wilayah

Bantuan tersebut meliputi lima wilayah di Sumsel yakni Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kabupatan Musi Banyuasin (Muba), dan Kabuptan Banyuasin.

5. Bantuan Rp900.000 Untuk Palu

Pembayaran BLT BBM tahap 2 yang dibayarkan oleh PT Pos Indonesia KCU Palu merupakan pembayaran BLT BBM untuk bulan November dan Desember 2022. Setiap KPM menerima bantuan senilai Rp300 ribu untuk BLT BBM.

Sementara untuk bansos sembako dibayarkan oleh PT Pos Indonesia KCU Palu untuk bulan Oktober, November dan Desember senilai Rp600.000 per KPM.

Dengan demikian, setiap KPM yang tercatat sebagai penerima BLT BBM dan bansos sembako menerima bantuan senilai Rp900.000 untuk jaring pengaman sosial.

6. Bantuan Bervariasi Untuk PKH

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), setiap warga yang tercatat sebagai penerima manfaat PKH mendapat bantuan yang nilainya bervariasi, tergantung kategori yang terdaftar di Kementerian Sosial.

Bantuan berkisar antara Rp225 ribu hingga Rp800 ribu per keluarga penerima manfaat.

Penyesuaian komponen yang dimaksud tersebut yaitu, misalnya dalam satu keluarga itu memiliki tanggungan jumlah anak, kemudian terdapat lansia, maka akan dihitung, sehingga bantuan yang didapatkan bisa lebih banyak.

"Iya untuk PKH, setiap KPM menerima bantuan dengan nilai yang berbeda. Berdasarkan data yang dikirim oleh Kementerian Sosial, sebagian besar penerima BLT BBM adalah mereka yang terdaftar sebagai penerima PKH," ujar Gladian.

7. Penyaluran Dilakukan Dengan 3 Cara

Untuk pencairan BLT BBM akan dilakukan dengan tiga cara yaitu Pertama, mengambilnya di kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos. Kedua, menyalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

Dan ketiga, diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

8. BLT BBM Dapat Diantar Ke Rumah

Khusus yang diantar ke rumah, PT Pos Indonesia mengungkapkan bahwa pelayanan khusus terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) program bantuan langsung tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak bisa mengambil sesuai jadwal karena sakit dengan diantarkan ke rumahnya.

Dengan adanya BLT BBM, masyarakat diharapkan dapat menanggung beban berat karena naiknya harga BBM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini