Share

5 Fakta Bamboo Dome Bali, Tempat Makan Siang Pemimpin G20 yang Bikin Kagum Sri Mulyani

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Sabtu 26 November 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 470 2714740 5-fakta-bamboo-dome-bali-tempat-makan-siang-pemimpin-g20-yang-bikin-kagum-sri-mulyani-Z2aQzAYvdN.jfif Sri Mulyani Kagum dengan Karya Bamboo Dome Bali. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Bamboo Dome yang ada di Nusa Dua, Bali merupakan hasil karya kolaborasi Elwin Mok, visual creative consultant KTT G20, Rubi Roesli, desainer Bamboo Dome, dan Ashar Saputra, pakar bambu dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pasalnya, bangunan unik itu berhasil menarik perhatian Menteri Keuangan, Sri Mulyani, karena keindahannya. Yang mana momen tersebut dibagikan melalui media sosial pribadi miliknya.

Nah, penasaran kan? Berikut Okezone Sabtu (26/11/2022) telah merangkum tentang fakta Bamboo Dome di Nusa Dua, Bali di bawah iniI:  

1. Cara dan Bahan yang Digunakan Untuk Pembangunan Bamboo Dome

Sri Mulyani menjelaskan cara pembangunan Bamboo Dome serta bahan yang digunakan. Bamboo Dome dibuat dengan menggunakan bambu apus, yang bagian penyangganya itu menggunakan bambu petung dari Tabanan yang dibawa ke Gianyar kemudian digarap oleh perajin dalam waktu tiga minggu. 

Baca Juga: Kementan Raih Penghargaan Anugrah Media Humas 2022 untuk Kampanye Komunikasi Publik

2. Menjadi Tempat Makan Siang Pemimpin G20

Melalui unggahan di media sosial pribadinya, Sri Mulyani membagikan momen saat dirinya kagum melihat keindahan dari bangunan tersebut.

Baca Juga: Tak Pakai Pawang Hujan, Menko Luhut Ungkap Sosok Pengendali Cuaca saat KTT G20 Bali

“Bamboo Dome bangunan indah estetik dan unik dari bambu dibuat khusus untuk tempat makan siang para pemimpin G20 di pinggir pantai Hotel Apurva- Kempinski Bali,” tulis Sri dikutip dari akun Instagramnya @smindrawati, Sabtu (26/11/2022).

3. Mahakarya Kolaborasi

Bamboo Dome merupakan mahakarya kolaborasi.

“Bamboo Dome merupakan hasil kerja sama yang intens antara arsitek, perajin bambu, dan pakar bambu Universitas Gajah Mada. Bamboo Dome hasil karya kolaborasi Elwin Mok, visual creative consultant KTT G20, Rubi Roesli, desainer Bamboo Dome, dan Ashar Saputra, pakar bambu dari Universitas Gadjah Mada (UGM),” tambahnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

4. Bamboo Dome Tahan Gempa

Lanjut Sri, bambu dipilih karena memiliki keunikan sebagai bahan yang mudah dibentuk melengkung. Di samping itu, bangunan bambu juga dikenal tahan terhadap guncangan gempa.

5. Dibangun Dengan Dana APBN

Kementerian Keuangan, Sri Mulyani, mengungkapkan bahwa Bamboo Dome dibangun dengan uang APBN.

“Bamboo Dome ini dibangun dengan uang APBN #uangkita. Sungguh Indah Bamboo Dome ini dengan lampu dan bendera negara-negara G20 dilihat dari sisi pantai … awesome..! Bamboo Dome yang indah ini harus segera dibongkar kembali setelah acara G20 selesai. Sayang ya..!” tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini