Share

Akses Listrik Merata, Roda Ekonomi Masyarakat Bergerak

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 320 2718691 akses-listrik-merata-roda-ekonomi-masyarakat-bergerak-mHnQlKij0p.jpg Akses Listrik Merata di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT PLN (Persero) menjamin akses listrik merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan tugas tersebut, DPR pun memberi restu PMN kepada PLN untuk menerangi desa di pelosok negeri.

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan, akses listrik yang merata mampu mendorong perekonomian warga dan mengentaskan kemiskinan. Dia menyebut, dengan akses listrik, masyarakat bisa bergerak dan menjadi tumpuan roda perekonomian nasional.

Baca Juga: Ada Kebocoran Pipa PLTMH, Aliran Listrik di Garut Aman?

"Saya apresiasi langkah PLN dalam meningkatkan akses kelistrikan. PLN hadir melalui akses listrik sehingga ekonomi masyarakat bisa bergerak," tutur Intan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) beberapa waktu lalu, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: 1.957 Gardu Listrik Terdampak Gempa Cianjur, PLN Segera Pulihkan

Dirinya pun mendorong PLN terus menyediakan akses listrik khususnya di desa terpencil demi menekan kesenjangan ekonomi antara warga desa dengan warga kota.

"Ini sebuah keharusan untuk memberikan akses listrik bagi seluruh warga tanpa terkecuali. Dengan terbangunnya infrastruktur kelistrikan akan ada pengembangan ekonomi," kata dia.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Penyertaan Modal Negara tahun depan, PLN akan memaksimalkan dana tersebut untuk mengejar target rasio desa berlistrik, terutama di wilayah Indonesia Timur yang saat ini rasio elektrifikasinya masih di bawah 90%

Selain itu, PLN juga akan memfokuskan pembangunan akses listrik di wilayah perbatasan seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini