Share

1.957 Gardu Listrik Terdampak Gempa Cianjur, PLN Segera Pulihkan

Rizky Fauzan, MNC Portal · Senin 21 November 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 320 2711923 1-957-gardu-listrik-terdampak-gempa-cianjur-pln-segera-pulihkan-0bw8Rn9lD7.jpg Gempa 5,6 M di Cianjur. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatatakan sejumlah rumah di Cianjur, Jawa Barat mengalami padam listrik akibat dampak gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut

Gempa membuat banyak gardu PLN terdampak. Akibatnya, listrik sejumlah wilayah di Cianjur padam. PLN menyebutkan jika sebanyak 1.957 gardu distribusi dan total 366.675 pelanggan padam.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, Bupati: Korban Meninggal Bertambah Jadi 56 Orang

"Kami terus berupaya memulihkan kelistrikan di Cianjur. Setelah memastikan tidak ada gempa susulan, petugas bergerak ke lapangan untuk menormalkan kondisi kelistrikan," kata Manager PLN UP3 Cianjur Muhammad Hermansyah dalam keterangan yang diterima, Senin (21/11/2022).

Saat ini, petugas PLN tengah berupaya untuk memulihkan kembali gardu-gardu yang terdampak agar aliran listrik bisa kembali normal.

"PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter," ujarnya.

Baca Juga: Bersihkan Longsor Jalan Puncak-Cipanas akibat Gempa Cianjur, Alat Berat Diturunkan

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, dapat mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mencatat adanya gempa berkekuatan 5,6 SR di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Gempa di Cianjur, Jawa Barat ini terjadi pasa (21/11/2022) pukul 13.21.10 WIB.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam catatannya, BMKG menyatakan gempa yang berada di 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini tidak berpotensi tsunami.

Perlu diketahu, gempa di Cianjur, Jawa Barat ini berada di kedalaman 10 kilometer.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan informasi bahwa telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB.

Dwikorita mengatakan, pusat gempa berada di sekitar Sukabumi, Cianjur, Jawa Barat.

"Jadi yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi, Cianjur, di sekitar wilayah daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6," kata Dwikorita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini