Share

Ekspor RI Melambat, Bank Dunia Ungkap Alasannya

Michelle Natalia, MNC Portal · Kamis 15 Desember 2022 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 15 320 2727743 ekspor-ri-melambat-bank-dunia-ungkap-alasannya-Bu8balFvon.jpeg Ekspor RI Melambat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Dunia mengungkapkan bahwa perlambatan dalam pertumbuhan ekspor Indonesia disebabkan karena adanya perlambatan permintaan global. Dalam situasi ini, Indonesia bukanlah pengecualian.

"Permintaan manufaktur ekspor impor mengalami perlambatan. Normalisasi harga komoditas juga berdampak," ujar Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia dan or Leste Habib Rab dalam Indonesia Economic Prospects (IEP) Edisi Desember 2022 di Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Dia menyebut ini karena harga minyak kelapa sawit sempat meningkat di tahun ini, tetapi secara perlahan mulai menurun. Ini kemudian diterjemahkan menjadi perlambanan nilai ekspor.

"Meski harga batu bara diatas rata-rata harga historis, ini akan mengalami moderasi. Harganya saat ini diatas USD300 per ton, secara historis harganya hanya menyentuh USD100 dolar per ton," ungkap Habib.

Dia menilai bahwa situasi ini seharusnya bisa mendukung beberapa ekspor di masa yang akan datang.

Kemudian yang terjadi dalam jangka menengah, Indonesia akan melihat permintaan impor tetap kuat karena ekonominya diprediksi akan tumbuh 4,8% di tahun depan.

Follow Berita Okezone di Google News

"Permintaan ekspor akan tumbuh cepat terutama ketika investasi meningkat. Dari sisi ekspor meski harga batu bara menurun, harganya masih diatas rata-rata historis. Namun, sektor lain non komoditas akan terdampak secara negatif seiring perlambatan ekonomi global," pungkas Habib.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini