Share

Proyek Infrastruktur 2022 Habiskan Rp117,9 Triliun, Mayoritas Pakai Produk Dalam Negeri

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Selasa 03 Januari 2023 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 03 320 2739088 proyek-infrastruktur-2022-habiskan-rp117-9-triliun-mayoritas-pakai-produk-dalam-negeri-kgmQFbjWfE.jpg Proyek Jalan Tol yang Diresmikan di 2022. (Foto:Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Realisasi belanja infrastruktur sepanjang 2022 mencapai Rp117,9 triliun atau 93,6% dari pagu anggaran 2022 sebesar Rp125,9 triliun. Dari realisasi tersebut, 93,4% menggunakan produk dalam negeri.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR komitmen dalam proses pengadaan untuk penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dalam pengerjaan infrastruktur 2022.

"Pascapandemi ini kita dorong pemanfaatan produk-produk dalam negeri, kalau dulu perintahnya utamakan produksi dalam negeri, kalau sekarang di larang impor," kata Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (2/1/2022).

Baca Juga: Akademisi Paparkan Pemerataan Infrastruktur di Era Jokowi Berdampak Positif

Berdasarkan data, capaian penggunaan PDN dalam belanja infrastruktur PUPR tahun 2022 mencapai angka sebesar 93,4% atau senilai Rp112 triliun dari rencana sebesar Rp120 triliun.

Baca Juga: Bendungan Ciawi Tuntaskan Masalah Banjir Jakarta

Dari progres tersebut, tercatat sejumlah infrastruktur Kementerian PUPR yang telah diresmikan dari Januari hingga Juli 2022, pertama untuk Infrastruktur Bidang Sumber Daya Air (SDA) di antaranya Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora Jawa Tengah (Jateng), Bendungan Bintang Bano dan Bendungan Beringib Sila di Kabupaten Sumbawa Barat NTB.

Kemudian Bendungan Semantok Jawa Timur, Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi, Bendungan Sadawarna, Embung Kedung Sambi serta Embung Sumingkir di Jateng, dan Pusat Persemaian Modern Rumpin Jawa Barat.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Di bidang Jalan dan Jembatan yang sudah diresmikan antara lain Jembatan Gantung Girpasang di Kabupaten Klaten Jateng, Jalan Bypass – Balige (KSPN Danau Toba), Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 Binjai – Tsabat, Jalan Tol Manado – Bitung Seksi 2B Danowudo – Bitung, Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang Jatim dan Jalan Lingkar Brebes – Tegal Jateng.

Sementara di bidang Permukiman/Cipta Karya yang sudah diresmikan antara lain Rehabilitasi SDN Nglinduk 3 di Kabupaten Grobogan Jateng, Revitalisasi Pasar Johar Kota Semarang Jateng, Penataan Kawasan Pantai Bebas di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Penataan Kawasan Pulau Rinca serta Penataan Kawasan Pantai Marina (KSPN Labuan Bajo).

Terakhir di bidang Perumahan yang sudah diresmikan pada tahun 2022 antara lain Rusun Ponpes Al Quran Azzayadiy di Sukoharjo Jateng dan Rusun Yayasan Bhakti Bapak Emak di Jombang Jatim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini