Share

Dulu Hanya Anak Jalanan, Kini Andika Ramadhan Sukses Jadi CEO Produk Skincare

Tim Okezone, Okezone · Selasa 10 Januari 2023 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 455 2743351 dulu-hanya-anak-jalanan-kini-andika-ramadhan-sukses-jadi-ceo-produk-skincare-CpsyEi9Q5q.jpg Andika Ramadhan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengalaman sebagai anak jalanan berhasil Antarkan Andika Ramadhan Menjadi CEO produk skincare.

Didirikan oleh Martin Anugrah dan Andry Ganda pada tahun 2008, CameoProject adalah konten kreator YouTube yang terkemuka di industri, berfokus pada produksi konten video multi-genre, seperti komedi, kids, dan musik.

Channel CameoProject di YouTube telah menghasilkan lebih dari 1,14 juta subscribers dengan lebih dari 177 juta views.

 BACA JUGA:Cara Manfaatkan Peluang Kecil Jadi Bisnis Cuan

Salah satu segmen paling berkesan di channel ini yaitu 'Cerita Tentang', di mana seorang narasumber menceritakan kisah hidupnya yang penuh inspirasi.

Pada video dalam segmen ‘Cerita Tentang’ yang diunggah kali ini (3/1/2022), seorang pria bernama Andika Ramadhan akan menceritakan pengalamannya sebagai mantan anak jalanan hingga berhasil menjadi CEO sebuah perusahaan skin care khusus pria.

Andika mengatakan bahwa dirinya merupakan anak dari pasangan orang tua yang bercerai, hingga hampir tak memedulikan sang anak.

Sewaktu di bangku STM, Andika sempat merasa bahwa sekolah bukanlah suatu hal yang penting.

Dirinya pun kerap membolos sampai berbulan-bulan hingga akhirnya dikeluarkan dari sekolah.

Malu dengan kondisinya yang putus sekolah, dia pun memutuskan untuk kabur dari rumah.

Sayangnya, kedua orang tuanya tak ada yang peduli. Dari situlah perjalanan Andika sebagai anak jalanan dimulai. Ia mulai bekerja sebagai tukang cuci piring, mengamen, hingga mengumpulkan botol minum bekas.

 

Follow Berita Okezone di Google News

“Karena dengan cara itu gua bisa makan gitu. Kalo enggak begitu, ya gua enggak bakal bisa makan dan ngelanjutin hidup gua gitu,” ujar Andika.

Dia juga menambahkan bahwa selama hidup di jalanan, bisa tidur di tempat apapun seperti menumpang di rumah teman, di depan musholla, dan emperan toko.

Tak disangka, Andika memiliki keinginan untuk kembali bersekolah setelah melihat anak-anak sebayanya berangkat sekolah menggunakan seragam. Ia pun meminta kepada sang ayah untuk disekolahkan kembali.

Namun karena biaya yang terbatas, sang ayah pun menyarankan Andika untuk bersekolah di Sekolah Masjid Terminal Depok atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Master.

Sekolah ini gratis dan memang dikhususkan untuk anak-anak jalanan, masyarakat tak mampu, pemulung, pengamen, dan lain sebagainya.

Andika mengatakan bahwa semua pengalaman yang ia rasakan dan alami semasa sekolah hingga menjadi anak jalanan mendorongnya untuk menjadi CEO seperti sekarang ini.

“Waktu gua sekolah, bahkan sebelum gua masuk SMA kan memang gua udah ngelakuin pekerjaan apapun yang bisa ngehasilin, gitu. Maka ketika sekolah, gua enggak berhenti untuk jualan. Jadi dulu pas di sekolah master gua jualan produk-produk kayak roti, kacang. Gua juga pernah jualan plastik di pasar, di daerah Depok dari SMA. Dan kuliah itu gua enggak pernah berhenti jualan. Kenapa? Karena gua butuh uang, gitu. Jadi, pengalaman itu yang sebenernya enggak pernah gua sangka ternyata nganterin gua jadi orang yang kayak sekarang, gitu,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Selasa (10/1/2023).

Buat yang penasaran dengan cerita lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel CameoProject, ya!

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini