Share

Bank Syariah Indonesia Disiapkan untuk Biayai Proyek Smelter dan Kendaraan Listrik

Anggie Ariesta, MNC Portal · Rabu 15 Februari 2023 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 15 320 2765537 bank-syariah-indonesia-disiapkan-untuk-biayai-proyek-smelter-dan-kendaraan-listrik-bKHdFQ1sJC.jpg Bank Syariah Indonesia Berpeluang Biayai Proyek Smelter. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan bahwa bank syariah BUMN bisa menjadi katalis untuk mendorong pembangunan smelter. Hal ini sebagai dukungan menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang membutuhkan pembiayaan jangka panjang serta struktur pembiayaan yang tepat.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus meningkatkan pembiayaan syariah terkait memanfaatkan pertumbuhan baru serta sektor yang sedang berkembang, seperti hilirisasi mineral, infrastruktur dan ekosistem baterai kendaraan listrik (electric vehicle) atau EV.

Baca Juga: Wamen BUMN Sebut BRI dan BNI Bakal Keluar dari BSI

"Proyek jangka panjang kalau didanai oleh perbankan nasional seringkali tidak sesuai, ini kita diskusikan hari ini, ada pelaku usaha juga. Kita akan dengar kebutuhan mereka kalau project finance yang green," ujar Tiko saat ditemui di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya, ekosistem kendaraan listrik membutuhkan pembayaran dan pembiayaan dalam jangka panjang dan seringkali proyek jangka panjang didanai oleh bank konvensional tidak sesuai.

Baca Juga: Gelar Rights Issue, BSI (BRIS) Kantongi Rp5 Triliun

Sehingga diskusi melalui Global Islamic Finance Summit yang digelar BSI ini akan mendengar kebutuhan para pelaku usaha. BSI akan mencermati struktur proyek green finance seperti smelter, pabrik baterai kendaraan listrik, dan refining nikel.

"Seperti apa strukturnya, apakah sesuai dengan model, fundingnya ada atau tidak. Yang penting adalah funding-nya ada dan tenor yang sesuai, misalnya 7 tahun atau bahkan 12 tahun,” ungkap Tiko.

Follow Berita Okezone di Google News

Kementerian BUMN ingin sosialisasi struktur syariah sebagai paling tepat untuk pembiayaan infrastruktur jangka panjang terutama BUMN misal jalan tol, kereta api, pembangkit listrik cocok dibiayai oleh bank syariah.

"Cuma memang di Indonesia masih banyak yang belum memahami struktur seperti apa yang bisa tepat sasaran sesuai jenis asetnya dan comply dengan syariah base-nya,” jelas Tiko.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini