Depok Miliki 15 Ribu Usaha UMKM

|

Marieska Harya Virdhani - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Koran Sindo)

Depok Miliki 15 Ribu Usaha UMKM
DEPOK – Depok sebagai kota penyangga dekat dengan Ibu Kota Jakarta memiliki 15 ribu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Rata-rata mereka memiliki dua kesulitan, yaitu keterbatasan permodalan dan pemasaran.

Untuk itu, digelar De'Expo Gelar Karya UMKM Kota Depok Tahun 2013 di Depok Town Square dengan mengusung tema "Menuju UMKM Kota Depok yang Kreatif dan Maju" resmi dibuka. Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Depok Herman Hidayat mengatakan bahwa De'Expo merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-14 Kota Depok yang jatuh pada 27 April lalu.

"Konteks kegiatan ini, adalah untuk membantu salah satu permasalahan mereka, yaitu pemasaran. Semoga dengan digelarnya De'Expo, UMKM di Kota Depok bisa berkembang lebih basar dan luas," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/5/2013).

Tahun ini merupakan tahun ketiga terselenggaranya De'Expo dan kali ini menghadirkan lebih dari 74 stan yang terdiri dari kuliner, kerajinan tangan, fashion, dan dekranasda.

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengakui banyak kendala yang dihadapi UMKM Depok. Namun banyak juga dari mereka yang sudah go internasional memasarkan produk mereka di luar negeri.

"Kegiatan ini merupakan sarana untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produk-produk yang ada di Kota Depok. Ada beberapa pengusaha kita, yang telah menggelar karyanya di luar negeri, seperti di Abudabi, Hongkong, Jepang, dan masih banyak lagi. Ini menandakan, bahwa produk kita diminati oleh orang-orang luar negeri," tutur Idris.

Dia menambahkan even tersebut juga merupakan upaya untuk meminimalisir permasalahan yang dihadapi, yaitu pemasaran. Terkait dengan permasalahan permodalan, sebaiknya para stakeholder turut memperhatikan UMKM kita dengan menggaet CSR, sehingga masalah tersebut bisa diatasi.

"Kreatifitas merupakan modal untuk mendukung pembangunan di Kota Depok. Dengan kreatifitas kita bisa menjadi unggul dan dapat mewujudkan ekonomi yang mandiri. Event ini sangat strategis sebagai ajang sosialisasi dan pemasaran. Manfaat event ini dengan baik," jelasnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh seluruh elemen dan masyarakat di Kota Depok, untuk turut sosialisasikan hasil karya UMKM Kota Depok dan cinta produk dalam kota. "Banyak sekali karya yang telah kita miliki, seperti sepatu, tas, batik, dan genta nada," tandasnya.
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengunjung IKEA Capai 17 Ribu/Hari