>

Jelang Hari Raya, Harga 4 Kebutuhan Pokok Ini Naik Tajam

Selasa, 9 Juli 2013 - 15:21 wib | Rezkiana Nisaputra - Okezone

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa

Jelang Hari Raya, Harga 4 Kebutuhan Pokok Ini Naik Tajam
JAKARTA - Menjelang Bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru akan ada kenaikan yang ekstrem pada empat kebutuhan pokok, yakni pada cabai rawit, bawang merah, daging ayam dan telur ayam ras.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kenaikan harga pada empat kebutuhan pokok tersebut lebih disebabkan karena permintaan yang meningkat dan gangguan pada produksi yang mundur, mengingat hingga akhir tahun ini akan ada bulan suci Ramadan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

"Ini yang pertama dipicu oleh permintaan yang meningkat biasa, nah kenaikan ini, memang ada bervariasi, yang cukup meningkat itu pada bawang merah, cabai rawit, daging ayam dan telur ayam ras, kenaikan yang signifikan ini pada harga Juli Minggu pertama," ujar Hatta di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (9/7/2013).

Pada cabai rawit sendiri, naiknya hingga 50 persen bila dibandingkan bulan Juni yang sebesar Rp27,720 per kilogram (kg) menjadi Rp41 ribu di minggu pertama bulan Juli 2013. "Pada cabai rawit ini memang yang paling ekstrem naiknya. Itu naiknya 50 persen," tuturnya.

Sedangkan pada bawang merah ikut meningkat harganya hingga 28 persen bila dibandingkan bulan Juni yakni sebesar Rp32,341 menjadi Rp41 ribu di awal Minggu bulan Juli 2013. "Ini lebih karena keterlambatan pasokan yang panennya mundur. Sebetulnya Mei ke Juni sudah turun, tapi kemudian dari Juni ke Juli yang mulai naik," imbuh Hatta.

Sementara pada harga daging ayam ras meningkat 15,7 persen bila dibandingkan bulan Juni yang seharga Rp28,893 menjadi Rp33,394 perkilo gramnya di awal Minggu bulan Juli 2013.

Kemudian yang terakhir yakni pada telur ayam ras yang meningkat 9,01 persen bila dibandingkan pada bulan Juni yakni Rp18,211 menjadi Rp19,891 di awal Minggu bulan Juli 2013. "Itu padahal Mei masih Rp16 ribu sekarang Juli jadi Rp19.891, artinya kenaikan 9,01 persen," ucap Hatta.

Sementara pada kebutuhan pokok lainnya hanya mengalami kenaikkan satu persen saja per awal minggu, bahkan nol koma persen. "Ada juga yang mengalami penurunan harga di bawah 5 persen yakni cabai merah, 1-5 persen bawang putih, ini sampai Minggu pertama Juli," tutup dia. (wan) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI