>

Indonesia Miliki Pabrik Baterai Lithium Pertama

|

Rezkiana Nisaputra - Okezone

Menteri BUMN Dahlan Iskan saat meresmikan pabrik baterai lithium. (Foto: Rezkiana Nisaputra/Okezone)

Indonesia Miliki Pabrik Baterai Lithium Pertama
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meresmikan pabrik baterai lithium PT Nipress Tbk di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2013). Pabrik ini menjadi pabrik baterai lithium pertama di Indonesia.
 
Nipress merupakan salah satu konsorsium penyokong industri mobil listrik nasional dalam penyediaan baterai lithium. Di mana baterai ini akan digunakan dalam pengoperasian mobil listrik yang tengah dikembangkan di Indonesia, sebagai salah satu alternatif alat transportasi ramah lingkungan.

Saat ini, Nipress juga tengah mengembangkan baterai untuk kebutuhan khusus kendaraan tempur seperti tank, kapal selam dan peluru kendali. Riset dan pengembangan produk ini bekerja sama dengan Markas Besar TNI.
 
Pada 1973, Nipress memulai produksi komponen lempeng positif dan negatif untuk baterai mobil. Sedangkan tahun 2012 Nipress telah menguasai market share 30 persen untuk baterai mobil dan sepeda motor domestik dengan merek NS.

Sementara itu, perseroan juga sudah menguasai market share hingga 50 persen untuk baterai BTS seluler dengan mereka NS. Dengan keberhasilan produksi baterai lithium oleh Nipress, Indonesia akan semakin siap mengembangkan mobil dan sepeda motor listrik nasional secara mandiri.

(rhs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BBM Naik, Kantong Merisaukan? Yuk Perbaiki Keuangan