Perbankan Butuh Waktu Turunkan Suku Bunga Kredit

\Perbankan Butuh Waktu Turunkan Suku Bunga Kredit\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali memangkas suku bunga 7 Daya Repo Rate 0,25 bps. Dengan begitu, suku bunga acuan BI menjadi lima persen. Namun, penurunan tersebut tak lantas diikuti suku bunga kredit perbankan.

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, penurunan suku bunga perbankan masih butuh penyesuaian. Meskipun dari Januari-Agustus, tingkat bunga sudah turun 100 bps, deposito turun 100 bps, dan lending baru 52 bps.

"Itu belum bisa turun kelihatannya memang perbankan masih ada penyesuaian," ucap Agus di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (23/9/2016).

Agus mengatakan, saat ini bank cukup berhati-hati dalam upaya restrukturisasi menyehatkan portofolio dan penanganan dari potensi kredit bermasalah (NPL) yang tercatat terus meningkat. Hal ini menjadi perhatian perbankan jika ingin memangkas suku bunga kreditnya.

"Kita melihat pertumbuhan kredit juga belum tinggi dalam banyak hal karena pinjaman valas banyak yang dilunasi, sehingga pertumbuhan kredit nasional tidak terlalu tinggi. Kita juga lihat bank-bank lebih berhati-hati menyalurkan kredit,” ujarnya.

(rzy)