economy Senin 24 Desember 2018 08:06 WIB

Presiden Jokowi Sarankan Petani Tanam Jengkol, Ini Faktanya

Jurnalis - Mulyani

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengimbau agar petani beralih dari menanam pohon sawit ke komoditas lain yang lebih menjual dan meraup untung banyak, seperti jengkol. Mengingat, harga Crude Palm Oil (CPO) di pasar internasional kian merosot.

Berikut fakta-fakta yang telah dirangkum Okezone mengenai Presiden Jokowi dorong petani sawit tanam jengkol, Kamis (20/12/2018):

1. Harga Jual Sawit Sangat Rendah

Harga jual sawit saat ini sangat rendah, banyak sekali petani yang mengeluh akan hal ini. Salah satu petani sawit asal Riau Misngadi, menyebut harga TBS (tandan buah segar) sawit berkisar di Rp600–Rp800 per kg. Tak jauh berbeda dengan Riau, Wagimin, petani sawit asal Asahan Sumatera Utara juga menyampaikan kalau harga TBS di daerahnya di kisaran Rp600 – Rp900 per kg.

2. Jengkol Lebih Menguntungkan

Kepala Negara menilai jengkol lebih menguntungkan di pasaran. Pedagang Jengkol Pasar Induk Kramat Jati Raba mengatakan, harga jengkol saat ini memang tengah mengalami kenaikan. Di Pasar Induk Kramat Jati, harga jengkol mencapai Rp35.000 per kilogram (kg). Jatuhnya harga kelapa sawit saat ini akibat dari ketergantungan terhadap pasar global.

3. Produksi Sawit Sudah Terlalu Banyak

Presiden Jokowi mengatakan bahwa kebun sawit di Indonesia sudah terlalu luas, hingga mencapai 13 hektare dan produksinya 42 juta ton per tahun. Kalau suplainya terlalu banyak, nanti harganya semakin turun.

4. Belum ada Jengkol Impor

Salah satu pedagang jengkol di Pasar Induk Kramay Jati mengatakan, jengkol yang dia jual mayoritas berasal dari dalam negeri. Dia mengakui belum ada jengkol dari luar alias impor.

5. Jangan Berharap dengan Sawit

Presiden berpesan kepada para petani jangan berharap dari menanam buah sawit lagi. Ke depan cari yang menghasilkan uang banyak, seperti kopi, kayu manis, jengkol dan petai. Jokowi menuturkan sudah banyak sekali lahan yang ditanami sawit. Jadi ketika harga sawit jatuh, banyak petani yang merasa sakit.