Melirik Peluang Investasi di Pulau Komodo

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 16 November 2011 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 16 320 530196 Lql4Ggar4M.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Ada beberapa investasi yang memungkinkan untuk digarap di Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait masuknya Pulau Komodo dalam tujuh keajaiban dunia (New 7Wonders).

Sekretaris Jenderal BPP Hipmi Harry Warganegara menuturkan, beberapa bidang investasi yang memungkinkan untuk digarap antara lain hotel, restoran, pelabuhan, transportasi, sampai hiburan.

Dia juga menyebutkan pola investasi yang memungkinkan bagi anggota Hipmi adalah kemitraan dengan investor asing dan lokal. “Namun kita harap dari kocek sendiri dulu,” papar Harry dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Sebelumnya, pengusaha yang tergabung dalam Apindo juga menyatakan siap menjajaki investasi di Pulau Komodo. Tak mau ketinggalan, Hipmi melihat peluang serupa.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Indonesia Timur BPP Hipmi Lutvy Arisandi berharap agar pemerintah segera membenahi infrastruktur dan transportasi pariwisata di NTT, khususnya ke dan di Pulau Komodo.

“Saya kira ini kesempatan yang bagus buat pemerintah pusat memberi perhatian khusus bagi pembangunan di Kawasan Timur Indonesia yang selama ini sangat tertinggal,” ujar Lutvy.

Lutvy memperkirakan, bila pemerintah membangun infrastruktur yang memadai di Pulau Komodo, investasi asing dan dalam negeri akan mengalir ke NTT dan Pulau Komodo secara khusus. “Informasi yang kami dapat banyak investor asing pariwisata siap-siap masuk ke Pulau Komodo, hanya saja mereka, masih tunggu kapan ada perbaikan infrastruktur,” papar Lutvy.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini