Tak Jadi Ditutup, Pulau Komodo Bakal Disulap Jadi 'Jurassic Park'

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 11 470 2115642 tak-jadi-ditutup-pulau-komodo-bakal-disulap-jadi-jurassic-park-zA0lU37IGc.jpeg Pulau Komodo Disulap Jadi Jurassic Park (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Pulau Komodo tidak akan ditutup. Sebelumnya muncul wancana Pulau Komodo akan ditutup pada awal Januari 2020.

Luhut pun mengungkapkan alasan kenapa Pulau Komodo tidak ditutup. Menurutnya, hanya jumlah penduduk yang perlu diatur agar tidak semrawut.

"Kami tidak ingin tutup Pulau Komodo. Ukuran komodo itu bisa mencapai 3,1 meter-3,2 meter, udah kayak dinosaurus. Jumlah penduduk mau kita atur supaya tidak semrawut. Dengan ini maka penduduk setempat akan lebih sejahtera," ujar Luhut di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (11/10/2019).

 Baca Juga: Sederet Hal Tabu di Pulau Komodo, Jangan Sampai Malah Jadi Buruan!


 Komodo

Selain itu, Luhut mengatakan kalau Dia ingin membuat Pulau Komodo menjadi lebih eksklusif. Nantinya akan dibangun taman dan penginapan yang berkualitas di sana.

"Pulau Komodo mau kita bikin eksklusif. Mau bikin ada taman, lalu juga penginapan yang oke. Indonesia itu punya 7 World Heritage lainnya. Kita ingin menjaga kelestarian lingkungan kita. Nah kita pengen itu semua ditata dengan baik," kata Luhut.

Baca Juga: Menpar Arief Yahya Pastikan Pulau Komodo Batal Ditutup

Selanjutnya, Dia juga menyatakan kalau tiket masuk Pulau Komodo akan semakin mahal. Contohnya adalah seperti safari di Kenya, memiliki biaya masuk sebanyak USD3.500.

"Kalau kita bikin eksklusif, ya makin mahal masuknya. Kayak safari dimana gitu, di Kenya, orang masuknya aja USD3.500 untuk satu malam. Biarlah mereka mempromosikan sekaligus melindungi binatang dan rakyatnya biar sejahtera," sarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini