Mendag Genjot Produk Impor Penuhi Standard Uni Eropa

Rezkiana Nisaputra, Jurnalis · Selasa 09 April 2013 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 09 320 788571 3S5UKa5cbF.jpg

JAKARTA - Bangsa Indonesia akan tumbuh dan maju sebagai masyarakat terdidik (educated society). Kesadaran akan perlunya produk yang memenuhi standard, cara berbisnis yang sehat juga ramah lingkungan, menjadi keharusan di masa mendatang.

 

"Kami percaya atas kesadaran masyarakat Indonesia yang semakin tinggi akan hal tersebut di masa depan," ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan saat peluncuran Trade Service Programme, di Le Meridien, Jakarta, Selasa (9/4/13).

 

Gita menilai, pada beberapa tahun belakangan ini ekspor Indonesia ke Uni Eropa menurutnya banyak mengalami kendala karena tidak bisa memenuhi standard yang berkaitan dengan perlindungan konsumen dan lingkungan.

Dalam hal ini, untuk membantu Indonesia merealisasikan potensi perdagangan memenuhi standard mutu, kesehatan dan keamanan Uni Eropa, Indonesia telah mendapatkan bantuan senilai 15 juta euro untuk Trade Support Programme II (TSP II) yang disalurkan kepada sejumlah kementerian dan juga lembaga.

"Program tersebut yg sejak empat tahun lalu itu fokus pada peningkatan infrastruktur mutu ekspor dan diharap dapat meningkatkan akses pasar produk Indonesia ke Uni Eropa," tukas Gita.

Gita mengungkapkan, pada masa mendatang, nantinya masyarakat akan semakin peka terhadap produk yang baik yang memenuhi standard juga cara berbisnis yang sehat dan ramah lingkungan.

Lebih lanjut dia mengatakan, itu sebabnya bukan hanya produk Indonesia ke pasar ekspor yang harus memenuhi standar. "Namun standar yang sama  sama juga perlu diberlakukan atas produk-produk yang masuk ke Indonesia, termasuk yang dari Uni Eropa juga," tutup Gita. (wan)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini