Share

Indonesia Butuh 10 Dermaga untuk Uraikan Arus Mudik

Selfiani Hasanah, Okezone · Senin 11 Agustus 2014 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 11 320 1022977 2KZLZRLEu5.jpg Ilustrasi pelabuhan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah berencana menambah dermaga di Pelabuhan Merak-Bakauheni. Pembangunan ini, akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna menguraikan penumpukan saat lebaran.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, Kemenhub berencana untuk menambah 10 dermaga di pelabuhan Merak-Bakauheni. Penyelesaian pelabuhan ini, akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Dilakukan di situ untuk pengembangan ke depan, karena diproyeksikan kita butuh 10 dermaga dalam 10 tahun," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dia mengatakan, Kemenhub akan melakukan studi untuk dapat merealisasikan 10 dermaga. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan pihak swasta juga akan berperan serta dalam penambahan dermaga.

"Tergantung studinya. studinya melihat bagaimana kapasitasnya seperti apa. Tidak menutup kemungkinan swasta juga ikut. Jadi nanti ada beberapa yang dikelola swasta yang dermaga. Karena di UU juga ada," jelasnya.

Menurutnya, Kemenhub juga akan mengembangkan Pelabuhan Merak-Bakauheni, agar menjadi satu dengan menggunakan kapal Ferry yang modern. Oleh karena itu, Kemenhub ditugaskan untuk melakukan studi.

"Studinya itu macam-macam, bagaimana demand ke depan untuk Merak. Karena Merak akan dikembangkan menjadi satu Ferry yang modern ," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini