Menko Sofyan Bantah Intervensi Bank Indonesia

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2015 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 13 20 1117996 menko-sofyan-bantah-intervensi-bank-indonesia-jG5Bo11mLF.jpg Menko Sofyan Bantah Intervensi Bank Indonesia (Menko Sofyan Djalil: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia sempat mendapat tudingan tidak independen saat menurunkan suku bunga BI (BI Rate) pada 17 Februari 2015 lalu. Hal itu lantaran BI disebut mendapat intervensi dari pemerintah untuk menurunkan suku bunga acuan.

Namun hal tersebut dibantah oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Ekonomi Sofyan Djalil. Pihaknya mengatakan rapat yang dilakukan selama ini bukan bentuk intervensi melainkan bentuk koordinasi.

"Enggak, yang ada adalah koordinasi yang baik antara pemerintah dan BI, BI dan OJK melaksanakan tugasnya berdasarkan UU dan BI tidak boleh diganggu, serta kita tidak merasa intervensi. Yang kita lakukan koordinasi agar punya kesepahaman," ungkap Sofyan di Kantornya, Jumat (13/3/2015).

Kalau rapat kemarin, kata Sofyan, BI memberikan input ke pemerintah. Dia menyebutkan bagaimana pun pemerintah juga mempunyai tugas untuk mengamankan sektor riil menjaga inflasi, menjamin pertumbuhan.

"BI itu sepenuhnya menjaga kebijakan moneter, jadi enggak ada intervensi, kalau kemarin ada rapat itu, itu koordinasi saja, karena di banyak negara itu biasanya dengan koordinasi yang intensif itu baik enggak ada intervensi sama sekali," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini