Share

Paket Kebijakan Pemerintah Tak Mempengaruhi Kondisi Rupiah

Prabawati Sriningrum , Okezone · Minggu 29 Maret 2015 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 29 278 1125941 paket-kebijakan-pemerintah-tak-mempengaruhi-kondisi-rupiah-J0vKglrS7G.jpg Ilustrasi: Reuters
JAKARTA – Kebijakan yang dibuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai kurang tegas. Hal tersebut turut memberikan pengaruh kepada kondisi pelemahan Rupiah.

Pengamat Ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Tony Prasetiantono mengungkapkan,meskipun kondisi politik memang tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi perekonomian dalam negeri, namun sampai titik tertentu dianggap akan berpengaruh juga.

"Karena pasar mulai capek dengan sentimen negatif dari hukum dan HAM. Sekarang ini sudah mulai bergantung bagaimana respons pasar terhadap kondisi politik yang pengaruhi penurunan Rupiah," jelas Tony di Jakarta.

Lebih lanjut Tony menjelaskan, sentimen negatif yang datang atas kondisi politik itu masih akan membayangi pergerakan Rupiah. Bahkan,paket kebijakan pemerintah yang diproyeksikan untuk meredam pelemahan Rupiah tidak berpengaruh terhadap Rupiah karena dampaknya tidak dalam waktu pendek.

β€œItu kan membuat investor tidak percaya, apalagi turis asing tidak selalu datang, ditambah untuk menarik investasi Indonesia perlu kelengkapan infrastruktur yang lama, butuh waktu panjanglah untuk merasakan efek kebijakan itu bagi Rupiah," imbuh dia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini