nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daya Pikat Pasar Modal RI Adalah Status Emerging Market

Raisa Adila, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 05:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 20 278 1137038 daya-pikat-pasar-modal-ri-adalah-status-emerging-market-V4OKXucH5L.jpg Daya pikat pasar modal RI adalah status emerging market. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia masih menjadi negara yang menarik minat investor khususnya di pasar modal. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara emerging market yang berpotensi tumbuh dengan baik.

"Emerging market masih menarik bagi investor untuk melakukan investasi karena kita ini masih masa pertumbuhan," ucap Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Samsul Hidayat kepada Okezone di Jakarta.

Menurutnya, negara emerging market saat ini masih sulit dikalahkan dari sisi return (keuntungan). Sehingga, mempunyai perkembangan yang cukup menjanjikan. Hal ini tentu berbeda dengan negara di Eropa dan Amerika yang sudah memasuki masa matang.

"Eropa dan Amerika itu sudah satu rating. Sudah mature sehingga tingkat pertumbuhannya itu tidak akan naik lagi. Paling tumbuh ke samping," kata dia.

Meski demikian, isu kenaikan Fed Fund Rate (suku bunga acuan The Fed) diakui akan meningkatkan aktivitas perdagangan di Amerika. Sehingga uang yang beredar di seluruh dunia akan berbalik ke Amerika. Hal ini dinilai ikut berpengaruh terhadap market di Indonesia.

"Ketika naik suku bunga, maka beberapa aktivitas di sana akan lebih meningkat. Dan perkiraannya uang yang beredar di seluruh dunia akan berbalik ke dolar sementara waktu," ujarnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini