nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Groundbreaking Tol Trans Sumatera

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 30 April 2015 09:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 04 30 320 1142388 jokowi-groundbreaking-tol-trans-sumatera-NlZBDzMscS.jpg Presiden Jokowi Tiba di Lampung (Foto: Dani/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai pembangunan megaproyek jalan tol Trans Sumatera, yang menghubungkan Lampung hingga ke Aceh. Hal tersebut akan ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.

Untuk tahap awal, dimulai pembangunan jalan tol Trans Sumatera dari ruas Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api Api (MBBPT) sepanjang 434 km. Tol ini akan terhubung dengan transportasi laut "tol laut' di Selat Sunda hingga ke Merak, Banten.

Megaproyek jalan bebas hambatan ini memiliki panjang sekira 2.818 kilometer (km) dan menelan dana investasi sekira Rp360 triliun. PT Hutama Karya (Persero) menjadi perusahaan milik negara pertama yang mendapat kesempatan menggarap jalan ini karena telah mengantongi surat penetapan persetujuan lokasi pembangunan.

Sebelumnnya, Presiden Jokowi sudah membocorkan rencana groundbreaking Jalan Tol Trans Sumatera ini. Menurutnya, groundbreaking akan dilakukan pada hari Kamis, 30 April 2015.

"Jalan tol Trans Sumatera hari Kamis (30 April 2015) akan di groundbreaking, dari Lampung ke atas sampai ke Aceh," ucap Jokowi dalam acara Peringatan Otonomi Daerah di Istana Negara.

Untuk mempercepat pengerjaan megaproyek Jalan Tol Trans Sumatera, pemerintah tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam revisi aturan itu, pemerintah akan memperluas penugasan pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Tak cuma ke Hutama Karya, proyek jalan tol ini akan diserahkan ke konsorsium BUMN yang terdiri PT Hutama Karya, PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, dan PT Waskita Karya.

"Perusahaan konsorsium sudah terbentuk, teknis pengusahaannya akan diatur Menteri BUMN," sebutnya.

Memang, Jokowi dalam beberapa kesempatan mengatakan, dalam hitungan hari akan mulai membangun beberapa infrastruktur, ini pun termasuk dengan jalan tol Trans Sumatera.

Selain meresmikan pembangunan tol Trans Sumatera, Presiden Jokowi rencananya akan melakukan groundbreaking jalan tol Trans Jawa dengan ruas Solo-Kertosono yang selama ini mangkrak. Ruas tol tersebut telah diambil alih oleh BUMN, yaitu konsorsium PT Waskita Karya Tbk dan PT Jasa Marga Tbk agar bisa langsung berlanjut proyeknya.

Untuk itu, hari ini Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bandar Lampung dan akan lepas landas pada pukul 08.00 WIB dari Pangkalan TNI AU Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini