Jokowi: Punya Kakao, Jangan Tawarkan Komoditas Lain

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2015 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 13 320 1149077 jokowi-punya-kakao-jangan-tawarkan-komoditas-lain-1pWPbWoY3b.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, membangun kabupaten atau kota yang berkarekteristik sangat penting untuk menarik investasi masuk. Menurutnya, sebuah kota yang memiliki karakteristrik kuat dapat menawarkan investasi dari andalan kota tersebut.

"Bangun identitas kabupaten atau kota sangat diperlukan di bidang investasi. Jangan sampai, sebuah kota yang misalnya punya kekuatan kakao atau cokelat misalnya, justru menawarkan investasi untuk komoditas yang lainnya," kata Jokowi di Hall D1 JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/5/2015).

Jokowi menambahkan, ada juga sebuah daerah yang mempunyai hamparan yang luas untuk ladang padi, tetapi yang ditawarkan ke investor justru kawasan industri.

"Harusnya potensi besar itu yang harus ditawarkan lebih dulu. Kadang-kadang investasi butuh dukungan pemerintah pusat," paparnya.

Menurut Jokowi, permasalahan ini dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

"Kemudian juga peta. Ada yang bisa ditawarkan sebagai financial city, peta keuangan kenapa tidak. Singapura juga kota keuangan, Dubai juga kota keuangan," paparnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini