Kemenhub Minta Anggaran Mudik Gratis Ditambah

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2015 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 28 320 1186598 kemenhub-minta-anggaran-mudik-gratis-ditambah-CyCO81nq5S.jpg Ilustrasi pemudik. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar segera melakukan penyempurnaan analisis dan evaluasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2015, sekaligus mencari kebijakan dan terobosan yang lebih efektif guna peningkatan pelayanan Angkutan Lebaran di tahun-tahun mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Djoko Sasono, mengatakan meski mudik gratis untuk pemudik sepeda motor jumlahnya tidak besar, tetapi cukup membangun rasionalitas di masyarakat.

"Perjalanan jarak jauh dengan motor memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan kendaraan lain," ujar Djoko di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (28/7/2015).

Menurutnya, pada 2016 Kemenhub ingin anggaran untuk mudik gratis lebih tinggi, tidak semata-mata untuk menambah kuantitas, tetapi menggunakan cara-cara yang lebih baik untuk memperkecil kecelakaan kendaraan.

"Salah satunya yang dilakukan Jasa Raharja, kalau mudik gratis memfasilitasi motor untuk bisa dibawa ke kampung halaman. Jasa Raharja mengandangkan motor, sehingga pemudik tidak menggunakan motor ke daerah," ucapnya.

Dia melanjutkan, saat ini pemudik sadar sepeda motor memiliki risiko yang tinggi. "Hingga saat ini, tercatat 200 ribu orang mudik gratis tahun ini di seluruh Indonesia," ungkapnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini