Belanja Bulanan Idealnya 55% dari Gaji

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2015 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 08 320 1263491 belanja-bulanan-idealnya-55-dari-gaji-V476HSCFdW.jpg Ilustrasi perencanaan keuangan. (Foto: Halomoney)

JAKARTA - Hasrat ingin berbelanja yang tak terkendali setelah menerima gaji bulanan bisa menjadi masalah setiap bulannya. Ada baiknya, gaji yang diterima setiap bulan harus disisihkan.

Perencana Keuangan, Andy Nugroho, menuturkan idealnya belanja bulanan harus disisihkan sekira 55 persen dari gaji. Dalam komposisi yang disisihkan tersebut sudah termasuk kebutuhan yang Anda inginkan, cicilan utang, serta semua tagihan baik listrik maupun air dan pengeluaran lainnya.

"Idealnya 55 persen dari gaji. Artinya, di situ sudah include termasuk kita yang mau cicilan utang kemudian bayar listrik tagihan-tagihan termasuk juga," ucapnya kepada Okezone.

Pasalnya, bagi yang sudah berkeluarga, selalu ada saja kebutuhan tak terduga. Terutama, kadang bila sang anak rewel ingin minta dibelikan sesuatu, umumnya secara naluri orang tua akan menuruti kemauan sang anak.

Oleh sebab itu, hal-hal seperti ini harus dikomunikasikan kepada pasangan. "Mesti dan mau enggak mau harus komunikasi," imbuh dia.

Mengingat anak yang masih kecil masih akan terus bertumbuh dan berkembang, dia menyarankan agar mempertimbangkan dan mengurangi membelikan sang anak suatu pakaian. Sebab, bila hanya mengikuti naluri menyayangi anak, maka akal sehat pun bisa hilang. Sehingga, ini tentu saja akan berdampak terhadap budget yang telah disiapkan.

"Harusnya sadar diri. Kalau sudah belikan baju bulan ini, sisanya bisa cukup sampai akhir bulan dan enggak beli baju lagi," tutur dia.

Pentingnya disiplin diri, membuat suatu perencanaan dan mengendalikan emosi merupakan faktor-faktor penting yang dipertimbangkan guna meminimalisir kebutuhan yang keluar.

"Biasanya pengeluaran kalau sudah punya anak, emosi rasa sayang dibanding kebutuhan. Edukasi anak paling susah," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini