JTrust Pilih Bangun Anak Usaha Dibandingkan Akuisisi

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 28 Desember 2015 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 28 278 1276187 jtrust-pilih-bangun-anak-usaha-dibandingkan-akuisisi-br5jBV6Z0J.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Antara)

JAKARTA - PT Bank JTrust Indonesia Tbk (BCIC) berencana membentuk anak perusahaan pembiayaan baru yang fokus menyalurkan kredit di sektor pertanian. Rencananya anak perusahaan baru ini akan beroperasi pada April 2016.

Direktur Utama JTrust Bank Ahmad Fajar mengungkapkan, anak perusahaan baru ini murni perusahaan yang dibentuk baru oleh perseroan. Tadinya, Jtrust berencana untuk melakukan akuisisi perusahaan eksisting dibandingkan set up perusahaan baru.

"Setelah bicara dengan OJK dengan pertimbangan tidak mau ribet juga dengan akuisisi, akhirnya kami putuskan dirikan sendiri," tuturnya di Gedung Sudirman Sahid Center, Jakarta, Senin (28/12/2015).

Dia mengungkapkan, untuk modal yang ditempatkan pihaknya baru menyalurkan dana sesuai ketentuan OJK yakni Rp100 miliar. Perseroan juga akan memanfaatkan jaringan cabang JTrust Bank dalam penyaluran kredit. "Untuk operasi saya rasa segitu cukup. Tapi kan nanti akan ada modal dari chanelling kami," imbuhnya.

Ahmad mengatakan, untuk tahap awal anak perusahaan baru tersebut akan menyalurkan pembiayaan di bidang di wilayah pulau Bali, Jawa dan Sumatera terlebih dahulu. Mekanisme yang digunakan sebanyak 60 persen kredit yang disalurkan akan diberikan kepada petani melalui koperasi atau kelompok tani dengan uang muka ringan.

"Untuk menyumbang berapa potensi pendapatan dari anak usaha ini kepada perseroan saya belum bisa katakan. Tapi setidaknya mungkin bisa Rp300-Rp500 miliar mereka bisa capai," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini